PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODIFIKASI MODEL JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI-IPS DI SMA KRISTEN PETRA MALANG

Chandra Adiputra, Sumarmi Sumarmi, Ach. Amirudin

Abstract


Berdasarkan data yang diperoleh dari guru pengampu mata pelajaran Geografi di
SMA Kristen Petra Malang, diperoleh rata-rata Ujian Tengah Semester (UTS)
siswa kelas X-IPS hanya 53,37 pada tahun pelajaran 2013/2014 semester genap.
Data yang kedua hanya 21,05% dari 19 siswa yang tuntas UTS dari kriteria
ketuntasan minimal (KKM) sebesar 75. Tidak ada satupun siswa laki-laki yang
tuntas UTS dari KKM.
Tujuan penelitian yang ingin dicapai, yaitu meningkatkan hasil belajar siswa
kelas XI-IPS SMA Kristen Petra Malang pada tahun pelajaran 2014/2015
semester genap, melalui penerapan pembelajaran kooperatif modifikasi model
Jigsaw dengan tiga siklus. Peningkatan pertama ketuntasan hasil belajar siswa
ditargetkan minimal 50% setelah siklus pertama. Peningkatan berikutnya
ketuntasan hasil belajar siswa ditargetkan minimal 85% setelah siklus kedua dan
ketiga.
Pendekatan yang diterapkan dalam penelitian ini ialah pendekatan penelitian
tindakan kelas (PTK), yang sangat menekankan pada proses pembelajaran.
Subjek penelitian dalam PTK ini ialah seluruh siswa kelas XI-IPS (20 siswa dari
yang sebelumnya berjumlah 19 siswa).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketuntasan hasil belajar siswa mencapai
60% setelah siklus pertama, 75% setelah siklus kedua, serta 90% setelah siklus
ketiga. Artinya, telah terjadi peningkatan hasil belajar siswa kelas XI-IPS SMA
Kristen Petra Malang setelah pembelajaran kooperatif modifikasi model Jigsaw
diterapkan dalam tiga siklus.


Keywords


pembelajaran kooperatif, modifikasi model Jigsaw, hasil belajar siswa.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.