ANALISIS FAKTOR KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMA PADA IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013

Dwi Avita Nurhidayah

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor penyebab kesulitan
belajar matematika siswa SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo pada penerapan
Kurikulum 2013. Kerangka pemikiran penelitian ini adalah ada beberapa faktorfaktor
penyebab kesulitan belajar matematika siswa SMA Muhammadiyah 1
Ponorogo pada penerapan Kurikulum 2013, hal ini yang menyebabkan prestasi
belajar matematika yang dicapai kurang memuaskan. Metode penelitian yang
digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif. Fokus penelitian ini adalah siswa
kelas X IPS 2 SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo. Metode pengumpulan data
pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan angket atau
kuesioner yang terdiri dari butir-butir pertanyaan yang dipergunakan untuk
mengumpulkan data yang berkaitan dengan faktor-faktor kesulitan belajar siswa.
Hasil penelitian yang diperoleh antara lain: 1) Faktor fisiologi, faktor sosial,
faktor emosional, faktor intelektual, faktor pedagogik. 2) Upaya guru yang sudah
dilakukan antara lain: pada setiap pembelajaran bertanya pada sisiwa tentang
materi yang belum dipahami, menumbuhkan keaktifan siswa dalam belajar,
membantu memperbaiki kebiasaan belajar siswa, memotivasi siswa setiap
pembelajaran matematika.


Keywords


Faktor kesulitan belajar, kurikulum 2013

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.