PEMANFAATAN KURIKULUM GEOGRAFI SMA SEBAGAI KAJIAN PENINGKATAN POTENSI PARIWISATA BERBASIS PENDIDIKAN DI KALIMANTAN BARAT
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan kurikulum pembelajaran
geografi SMA sebagai penunjang strategi pengembangan potensi pariwisata
pendidikan untuk meningkatkan daya tarik wisata Provinsi Kalimantan Barat.
Penelitian ini menggunakan metode perspektif kualitatif spasial geografi (Spatial
Geography). Obyek penelitian adalah lokasi wisata Provinsi Kalimantan Barat.
Teknik pengumpulan data yang digunakan : (1) Interview, (2) Observasi dan (3)
Dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah Interactive model of
analysis, dengan tiga komponen : Seleksi data, Penyajian data dan penyimpulan
data, dengan mendiskripsikan potensi objek wisata dan analisis kurikulum
pendidikan geografi SMA yang akan diperoleh potensi, kendala, sebaran dan di
analisis dengan SWOT untuk menghasilkan pengembangan pariwisata minat
khusus pendidikan Geografi. Penelitian ini menunjukkan dari analisis kajian
kurikulum KTSP IPS geografi SMA menghasilkan objek wisata yang memiliki
potensi pariwisata pendidikan geografi. Pengembangan daya tarik wisata
pendidikan geografi dengan (Sustainable Tourism Development) 3A yaitu
analisis Atraksi, Aksesibilitas, Amenitas sebagai penunjang analisis SWOT
dihasilkan potensi wisata pendidikan geografi sangat potensial sehingga Provinsi
Kalimantan Barat berpotensi dan layak menjadi daya tarik wisata dan tujuan
wisata minat khusus pendidikan geografi.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.