PENDEKATAN KONSTRUKTIVISTIK DALAM MODEL SUSAN LOUCKS-HORSLEY UNTUK PENGEMBANGAN KARAKTER SISWA TINGKAT SEKOLAH DASAR

Esti Yuli Widayanti

Abstract


Dalam menjalankan pendidikan karakter terdapat tiga elemen yang penting
untuk diperhatikan, yaitu prinsip, proses dan prakteknya dalam pengajaran.
Dalam menjalankan prinsip itu maka nilai-nilai yang diajarkan harus
termanifestasikan dalam kurikulum sehingga semua siswa dalam sekolah paham
benar tentang nilai-nilai tersebut dan mampu menerjemahkannya dalam perilaku
nyata. Untuk itu perlu suatu model pembelajaran yang tepat, yang secara jelas
dan sistematis dapat memanifestasikan nilai-nilai/karakter ke dalam kurikulum
dan tentu saja nilai-nilai konstruktivistik pembelajaran sains itu sendiri. Model
pembelajaran yang dipilih harus secara efektif dapat digunakan dalam
pencapaian pendidikan karakter. Salah satu model pendidikan sains yang
memberi petunjuk secara spesifik proses belajar-mengajarnya adalah model
yang dikembangkan oleh Susan Loucks-Horsley (SLH) dan kawan-kawan
(McCormack, 1992). Dalam penerapannya di sekolah, model ini dapat
meningkatkan baik pengajaran konstruktivistik maupun lima ranah dalam
taksonomi pendidikan sains, yang meliputi: (1) ranah pengetahuan, (2) ranah
proses sains, (3) ranah kreativitas, (4) ranah sikap/attitute, dan (5) ranah
aplikasi dan koneksi. Maka sangatlah urgen bagi institusi pendidikan untuk
mengembangkan model pembelajaran yang dapat secara efektif digunakan
dalam pencapaian pendidikan karakter khususnya melalui mata pelajaran sains.
Kajian ini menelaah secara deskriptif dan eksploratif model pembelajaran SLH
yang berbasis pendekatan konstruktifistik dalam mengembangkan pendidikan
karakter siswa. Kajian akan mendeskripsikan konsep dan prinsip dalam
pendekatan konstruktivistik dalam mengembangkan 5 ranah pembelajaran sains.
Berikutnya juga dideskripsikan bagaimana langkah-langkah kegiatan dalam
model SLH yang mengacu pada 4 tahapan/fase. Hasil dari kajian ini
menggambarkan bagaimana model pembelajaran SLH diaplikasikan untuk
mengembangkan pendidikan karakter berupa sikap saintifik,sebagai salah satu
tujuan dari kegiatan pembelajarannya.


Keywords


Pendekatan Konstruktivistik, Model Pembelajaran Susan Loucks- Horsley, Pembelajaran sains tingkat sekolah dasar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.