REKONSTRUKSI HUBUNGAN AGAMA DAN ILMU PENGETAHUAN MENUJU PENDIDIKAN BERKEMAJUAN

Happy Susanto

Abstract


Pesatnya perkembangan peradaban modern dalam 200 tahun terakhir bisa terjadi
karena pertumbuhan eksponensial pengetahuan. Kemajuan ilmu pengetahuan
dan teknologi telah mencengangkan semua orang. Tantangan dari tulisan ini
adalah untuk fokus bukan pada materi, aspek mekanistik perubahan agama tetapi
pada tingkat yang lebih dalam transformasi spiritual yang menuntut perubahan
yang lebih mendasar seperti transformasi etika dan dalam rekonsiliasi sains dan
agama khususnya di dalam ranah pendidikan.The tugas pendidikan adalah untuk
mengajarkan nilai-nilai agama sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan.
Dalam pendidikan Islam tidak ada konflik antara agama dan ilmu pengetahuan,
artinya terdapat integrasi agama dan ilmu pengetahuan. Sains dan agama
berjalan seiring dan sejalan. Dalam perspektif agama, semua fenomena terjadi di
dunia ini pasti Tuhan memiliki tujuan sebagai pembelajaran dan pengetahuan
bagi manusia. Tujuan dari artikel ini adalah untuk menganalisis masalah
hubungan antara agama dan ilmu pengetahuan dan bagaimana internalisasi nilainilai
agama dalam pendidikan Islam berdasarkan epistemologi Islam. Pendidikan
Islam harus menyajikan nilai-nilai objektif sehinga mampu menjadi daya pikat
bagi masyarakat


Keywords


Pendidikan Islam, Epistemologi Islam, Integrasi antara agama dan ilmu pengetahuan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.