MODEL PEMBELAJARAN KOPERATIF TEKNIK THINK PAIR SHARE (TPS) DAN TWO STAY TWO STRAY (TSTS) PADA KEMAMPUAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA DALAM PENDIDIKAN BERKEMAJUAN

Erns Sri Widiastuti, Intan Sari Rufiana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan model pembelajaran kooperatif teknik
Think Pair Share (TPS) dan Two Stay Two Stray (TSTS) terhadap kemampuan
komunikasi interpersonal dan kemampuan pemecahan masalah matematika. Penelitian
ini merupakan penelitian eksperimen semu (Quasi Experiment). Populasi dalam
penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pulung dengan sampel siswa kelas
VIII-B dan kelas VIII-E. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes,
angket, dan dokumentasi. Hasil analisis data dengan uji-t menunjukkan bahwa 1)
kemampuan komunikasi interpersonal siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pulung sangat
dipengaruhi oleh model pembelajaran yang digunakan. Hal ini terlihat dari hasil uji
statistik bahwa secara signifikan kelas yang mendapat perlakuan berupa model
pembelajaran kooperatif teknik Two Stay Two Stray (TSTS) lebih baik daripada kelas
yang mendapatkan perlakuan berupa model pembelajaran kooperatif teknik Think Pair
Share (TPS), 2) kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pulung
dengan model pembelajaran kooperatif teknik Two Stay Two Stray (TSTS) dan Think
Pair Share (TPS) memberikan hasil yang sama baiknya. Hal ini terlihat dari kedua
sampel kelas yang menjadi fokus penelitian. Pada masing-masing kemampuan diketahui
bahwa kedua teknik memiliki kelebihan masing-masing.


Keywords


Komunikasi Interpersonal, Pemecahan Masalah, Think Pair Share (TPS), Two Stay Two Stray (TSTS)

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.