MODEL PEMBELAJARAN VCT UNTUK PENDIDIKAN KESEHATAN REPRODUKSI (Menggagas Model Pembelajaran Value Clarification Technique untuk Pendidikan Kesehatan Reproduksi Remaja)
Abstract
Faktor penting yang menentukan keberhasilan proses pembelajaran adalah
pemanfaatan model pembelajaran yang tepat. Penanaman watak atau
kepribadian melalui proses pembelajaran bukan hal yang mudah, melainkan
cukup sulit sehingga membutuhkan model pemblajaran yang tepat. Pendidikan
kesehatan reproduksi, remaja dihadapkan dengan dorongan seksual yang harus
mereka kendalikan. Perilaku yang dilakukan berkaitan dengan seksualitas akan
menghadapakan mereka dengan sekian resiko-resiko seksual, baik yang bersifat
fisik seperti Kehamilan Tidak Diinginkan (KTD), PMS dan HIV/AIDS, maupun
resiko psikis dan sosial.
Model pembelajaran VCT adalah penanaman nilai kepada siswa dengan
menyelaraskan antara nilai-nilai yang sudah dimiliki oleh siswa dengan nilainilai
baru yang hendak ditanamkan, teknik pengajaran untuk membantu siswa
dalam mencari dan menentukan suatu nilai yang diangap baik dalam
menghadapi suatu persoalan melalui proses menganalisis nilai yang sudah ada
dan tertanam dalam diri siswa
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.