PEMBELAJARAN KIMIA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DAN PREDICT OBSERVE EXPLAIN (POE) DENGAN SIKAP ILMIAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI HIDROLISIS GARAM
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Pengaruh model Inkuiri
Terbimbing dan POE terhadap prestasi belajar siswa pada materi Hidrolisis
Garam; 2) Pengaruh Sikap ilmiah terhadap prestasi belajar siswa pada materi
Hidrolisis Garam; 3) Interaksi antara model Inkuiri Terbimbing dan POE dengan
Sikap Ilmiah terhadap prestasi belajar siswa pada materi Hidrolisis Garam.
Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen, dilakukan di SMA N 1
Kartasura Tahun Pelajaran 2013/2014. Sampel diperoleh dengan teknik cluster
random sampling dan diperoleh kelas XI.IPA 4 dan XI.IPA 5. Model
pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk kelas XI.IPA 4 dan model pembelajaran
POE untuk kelas XI.IPA 5. Data dikumpulkan dengan metode tes untuk prestasi
belajar kognitif (pengetahuan) sedangkan metode non tes (angket) untuk prestasi
belajar afektif (sikap) dan sikap ilmiah serta lembar observasi untuk prestasi
belajar psikomotor (ketrampilan). Uji hipotesis menggunakan analisis non
parametrik Kruskal Wallis. Dari data analisis dapat disimpulkan bahwa: 1) ada
pengaruh penggunaan model Inkuiri terbimbing dan POE terhadap prestasi
belajar kognitif dan psikomotor tetapi tidak untuk afektif, dimana penggunaan
model inkuiri terbimbing lebih baik daripada model POE; 2) terdapat pengaruh
prestasi belajar aspek kognitif dan afektif pada siswa dengan sikap ilmiah tinggi
dan rendah, namun tidak terdapat pengaruh pada aspek psikomotor; 3) terdapat
interaksi antara pembelajaran Inkuiri Terbimbing dan POE dengan sikap ilmiah
terhadap prestasi belajar pada aspek kognitif, afektif dan psikomotor
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.