KAJIAN PRAGMATIK TERHADAP MATERI PEMBELAJARAN PADA SILABUS BAHASA INGGRIS WAJIB KELAS X SMA KURIKULUM 2013

Mulyani Mulyani

Abstract


Materi Pembelajaran pada silabus bahasa Inggris Wajib kelas X SMA
Kurikulum 2013 menarik untuk dikaji. Beberapa hal yang menarik itu
diantaranya terkait dengan penataan dan sajian bentuk, fungsi, dan makna dari isi
materi pembelajaran dimaksud. Bentuk teks lisan dan tulis, fungsi sosial, unsur
kebahasaan, dan topik yang ada pada materi pembelajaran masih sulit dicerna
oleh para guru bahasa Inggris.
Bentuk teks lisan dan tulis mencakup ungkapan fungsional dan jenis teks. Fungsi
sosial menekankan pada masalah menjaga hubungan interpersonal dan
memahami pesan moral. Makna dijabarkan ke dalam struktur teks, unsur
kebahasaan, dan topik.
Makalah ini mendeskripsikan tentang bentuk, fungsi, dan makna melalui kajian
pragmatik. Kajian pragmatik adalah kajian tentang makna bahasa dalam
penggunaannya yang didasarkan pada konteks (external meaning). Sumber data
yang digunakan adalah dokumen silabus bahasa Inggris Wajib Kelas X SMA
pada bagian materi pembelajaran.
Kajian pragmatik ini diharapkan memberi manfaat bagi guru Bahasa Inggris dan
peneliti kebahasaan dalam memahami dan mencerna bentuk, fungsi, makna
secara praktis sesuai dengan konteks penggunaan isi materi pembelajaran
dimaksud. Melalui pemahaman dan penguasaan silabus bahasa Inggris yang baik
dan benar diharapkan guru bisa menekankan pembelajaran bahasa yang lebih
bermakna.


Keywords


pragmatik, materi pembelajaran, bahasa Inggris, SMA.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.