MEMAHAMI KECERDASAN MAJEMUK ANAK GUNA MENGOPTIMALKAN STRATEGI PEMBELAJARAN YANG SESUAI DENGAN PERKEMBANGANNYA MELALUI IDENTIFIKASI DINI
Abstract
Tugas pendidik adalah sebagai fasilitator bagi anak didiknya, fasilitas yang
diberikan tentunya harus sesuai dengan kebutuhan anak. Selain sebagai
fasilitator, pendidik juga berkewajiban membantu anak didiknya untuk
menemukan dan mengembangkan kecerdasan seoptimal mungkin. Gardner
(1983) menegaskan ada 8 kecerdasan yang dimiliki anak namun tidak semua
anak memiliki kecerdasan yang sama. Hal ini menuntut pendidik untuk
mengetahui strategi pembelajaran apa saja yang dibutuhkan masing-masing anak
didiknya sesuai dengan kecerdasan yang dimiliki. Pada kenyataannya masih
banyak pendidik yang terlambat bahkan tidak tahu sama sekali kecerdasan apa
yang dimiliki masing-masing anak, sehingga dalam mengajar mengalami
kesulitan dan cenderung menerapkan strategi pembelajaran yang sama.
Mengenali profil kecerdasan anak akan sangat membantu pendidik dalam
menentukan strategi untuk menumbuhkan gairah dan semangat belajar.
Mengenal kecerdasan anak bisa dilakukan melalui identifikasi dini, tujuannya
agar guru tidak mengalami kesulitan untuk menerapkan strategi pengajaran pada
masing-masing anak. Identifikasi dini bisa dilakukan dengan cara menanyakan
kepada orangtua potensi apa yang paling menonjol pada anaknya, atau
memberikan kebebasan kepada anak untuk melakukan sesuatu tanpa sebuah
perintah atau tekanan, pilihan yang mereka lakukan menjadi cermin dari hal-hal
yang disukai dan menjadi minat alamiah anak. Identifikasi ini sebaiknya
dilakukan sebelum anak masuk kesekolah dan terlibat langsung dalam proses
pembelajaran.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.