EFEKTIVITAS PENGGUNAAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) IPA TERPADU BERBASIS MODEL CONNECTED TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII MTs N YOGYAKARTA II

Sulistiyawati Sulistiyawati, Erwin Fertina

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan LKS IPA
terpadu berbasis model connected terhadap hasil belajar pada ranah kognitif
siswa kelas VIII di MTs N Yogyakarta II pada materi sistem pencernaan
manusia dan bahan kimia dalam makanan. Penelitian ini termasuk penelitian
eksperimen semu (Quasy Experiment) dengan desain penelitian pretest-posttest
control group design. Pemilihan sampel menggunakan teknik simple random
sampling dan menggunakan kelas, yaitu kelas VIII D sebagai kelas eksperimen
dan kelas VIII F sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen diberikan perlakuan
dengan menggunakan LKS IPA terpadu berbasis model connected dan kelas
kontrol menggunakan LKS sekolah. Instrumen pengumpulan data adalah tes
(pretest, posttest). Analisis data menggunakan uji Independent Sample T-test.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Rata-rata nilai posttest kelas eksperimen
sebesar 78,17% dan kelas kontrol sebesar 71,77%. Berdasarkan hasil uji
Independent Sample T-test p < 0,05, sehingga penggunaan LKS IPA terpadu
berbasis model connected efektif terhadap hasil belajar siswa pada ranah
kognitif.


Keywords


hasil belajar, IPA terpadu, LKS, model connected

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.