PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATERI KERUKUNAN DALAM MASYARAKAT DI SDN KEBONSARI 3 MALANG

Bunga Septria Vionita, Resty Septina Cahyani

Abstract


Berdasarkan hasil observasi awal peneliti menemukan permasalahan bahwa
proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru perlu diperbaiki. Salah satu upaya
yang dapat dilakukan untuk memperbaiki proses pembelajaran tersebut adalah
dengan penerapan model pembelajaran group investigation.
Tujuan penelitian ini adalah: mendeskripsikan langkah-langkah penerapan
model pembelajaran group investigation dan besaran peningkatan minat belajar
siswa pada materi kerukunan dalam masyarakat setelah mengikuti pembelajaran
menggunakan model group investigation.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini
dilaksanakan di SDN Kebonsari 3 Malang kelas V yang berjumlah 24 siswa,
terdiri atas 12 siswa perempuan dan 12 siswa laki-laki. Prosedur pengumpulan
data dalam penelitian ini menggunakan teknik antara lain: studi dokumentasi,
observasi, wawancara dan angket. Selama dan setelah pengumpulan data,
peneliti melakukan analisis data, yaitu : (1) mereduksi data, (2) menyajikan data,
dan (3) menarik kesimpulan. Pengecekan keabsahan data diperoleh dari
ketekunan pengamat, triangulasi dan pengecekan sejawat.
Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan minat belajar
dengan menggunakan model pembelajaran group investigation. Peningkatan
minat belajar dapat dibuktikan melalui angket yang meliputi beberapa aspek
diantaranya: rasa senang (83%), keingintahuan (81%), perhatian (78%) dan
prioritas belajar (82%). Dari penelitian ini dapat diambil saran bahwa seharusnya
lebih kreatif dan mampu menggunakan model-model pembelajaran untuk
mencapai tujuan pembelajaran.


Keywords


Minat Belajar, Model Group Investigation

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.