IMPLEMENTASI MODEL PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS ISLAM PADA PROGAM STUDI PENDIDIKAN GURU RAUDHATUL ATHFAL STAIN GAJAH PUTIH TAKENGON

Eliyyil Akbar

Abstract


Pembahasan mengenai pendidikan karakter tidak akan berhenti diperbincangkan
karena mengandung unsur budi daya yang baik dimiliki oleh individu. Dunia
pendidikan selalu melakukan suatu inovasi untuk meningkatkan pendidikan
yang lebih baik karena tidak dapat dipungkiri bahwa Indonesia berada di titik
yang rawan pada tingkat pendidikan. Rekonstruksi sebuah pendidikan
merupakan salah satu upaya perbaikan kerawanan tersebut sehingga dibutuhkan
suatu inovasi dalam menjawab tantangan zaman yang semakin komplek.
Penelitian ini dilakukan untuk mengungkap pengetahuan secara detail mengenai
penerapan pembelajaran karakter berbasis Islam pada Progam Studi Pendidikan
Guru Raudhatul Athfal di STAIN Gajah Putih Takengon, menghadirkan
deskripsi tentang pendidikan karakter berbasis Islam pada Progam Studi
Pendidikan Guru Raudhatul Athfal di STAIN Gajah Putih Takengon, dan
menghadirkan nilai-nilai karakter yang dikembangkan oleh Progam Studi
Pendidikan Guru Raudhatul Athfal di STAIN Gajah Putih Takengon. Adapun
metode yang digunakan peneliti adalah metode deskriptif kualitatif, diarahkan ke
suatu penelitian lapangan (field research) yang dilaksanakan di STAIN Gajah
Putih Takengon Aceh Tengah, Aceh. Teknik pengumpulan data yang digunakan
adalah observasi, wawancara, dokumentasi. Proses pembelajaran karakter
berbasis Islam pada mahasiswa Progam Studi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
di STAIN Gajah Putih Takengon yang dilakukan dosen adalah menggunakan
model gabungan. Kegiatan-kegiatan berkarakter prodi PGRA seperti halaqoh,
KPM, PPL. Untuk progam pembelajaran lebih menekankan proses. Adapun nilai
yang diterapkan beriman, bertakwa (do’a), disiplin, kritis, analitis, cerdas,
bersih, sehat, ceria, kompetitif, saling menghargai, ramah, peduli, toleran, kerja
keras, hormat.


Keywords


model pendidikan karakter, pendidikan Islam, PGRA

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.