Penentuan Tempat Pembuangan Sampah Kawasan Pantai di Pantai Krakal, Gunungkidul

Imam Asri Ranivan

Abstract


Program ini bertujuan untuk upaya mengurangi populasi sampah di daerah Pantai Krakal. Karena banyaknya tumpukan sampah dan mulai terganggunya ekosistem pantai yang mengakibatkan air laut tercemar, pasir pan-tai menjadi kotor, dan tumpukan sampah yang mengeluarkan bau sehingga udara juga ikut tercemar juga dapat mengakibatkan degradasi lingkungan. Metode dari penelitian adalah survey dan wawancara dari masyarakat setempat serta Ketua Pokdarwis setempat. Data yang diperoleh tersebut diolah menggunakan metode kuantitatif survei untuk menghitung serta mengkalkulasi banyaknya volume sampah sehingga dapat memperkirakan kebutuhan ukuran TPS (Tempat Pembuangan Sementara) yang akan dibangun untuk men-ampung sampah-sampah tersebut. Peneelitian ini diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi ekosistem Pantai Krakal dan memberikan kenyamanan bagi pengunjung. Hasil dari program kegiatan ini terdiri dari foto/gambar yang diambil langsung dari Pantai Krakal dan desain TPS.

References


Atmajayani., 2018. Implementasi Penggunaan Ap-likasi AutoCAD dalam Meningkatkan Kom-petensi Dasar Menggambar teknik bagi Masyarakat. BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual. 184-189.

Atmasari, N., 2015. Gojek di Jogja mulai beroperasi. Tersedia di http://www.harianjogja.com/baca/2015/11/17/gojek-di-jogja-mulai-eroperasi- 78 di-jogja-gojek-punya-200-pengemudi-662006.

Bawono, S.E., 2019. The Millenial Need of Broad-band on Gunungkidul’s Coastal Area for Sus-tainable Tourism Destination. Proceeding, ICST 2019.

Jayantri, A.S., Ridlo, M.A., 2021. Strategi Pengel-olaan Sampah Di Kawasan Pantai. Jurnal Kajian Ruang. 147-159.

Ismunandar, R.S., Adistana, G.A.Y.P., 2020. Studi Terhadap Media Pembelajaran 3d Sketchup Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Kajian Pendidikan Teknik bangunan. 1-6.

Kusumastuti, A.H., Pamungkas, A., 2018. Identifi-kasi Potensi dan Permasalahan Daya Dukung Lingkungan berdasarkan Aspek Daya Dukung Fisik, Daya Dukung Ekologis, dan Daya Dukung Sosial pada Pantai Baron, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Jurnal Teknik ITS. C55-C59.

Masjhoer, J.M., 2018. Partisipasi Pelaku Usaha Pa-riwisata dalam Pengelolaan Sampah di Pan-tai Pulang Sawal, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta, Jurnal Pariwisata Terapan. 122-133.

Tyas, D.W., Shafarania, F.K., Satriagasa, M.C., Ri-asasia, W., 2016. Inventarisasi Residu Wisata Kepesisiran Pok Tunggal, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. SEMINAR NASIONAL II Pengelolaan Pesisir dan Daerah Aliran Sungai 2016

Yuniarti, N., Elsa, W., 2018. Cara Mudah Men-guasai Autocad 2018 Untuk Teknik Elektro. UNY Press.