Upaya Pengendalian Kualitas dengan Metode Six Sigma -Dmaic pada UD. D’rent Bakery Ponorogo

Irvan Ulvatur Rohman(1*)
(*) Corresponding Author

Abstract


Kualitas memainkan peran sentral bagi perusahaan untuk tetap beradaptasi untuk menjaga kemampuan dan orisinalitas kualitas, peningkatan kualitas harus dilakukan oleh perusahaan secara maksimal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis atribut-atribut yang bertanggung jawab atas kegagalan produk yang menyebabkan kinerja yang buruk. Penelitian ini dilakukan di UD D`Rent Bakery Ponorogo. Berdasarkan data menunjukkan jumlah produk cacat yang masih cenderung tinggi dan kontrol kualitas yang belum optimal, dengan sampel roti isi sebagai produk utama. Metodologi pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan teknik pengumpulan data terdokumentasi yang dianalisis menggunakan pendekatan sistematik Six Sigma. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat tiga faktor penyebab cacat pada produk roti isi ; bentuk yang tidak sesuai dengan taraf standar, produk gosong karena proses pemanggangan, serta produk bantat dan hancur. Rekomendasi peneliti untuk perbaikan berkaitan dengan aspek manusia, mekanik, metodologi, dan lingkungan

Full Text:

References


  1. Ahyari, 1990. Manajemen Produksi . Edisi keempat. Jilid kedua. BPFE. Yogjakarta.
  2. Anjayani, I.D. 2011. Analisis Pengendalian Kualitas Produk dengan Metode Six – Sigma pada CV. Duta Java Tea Industri Adiwerna – Tegal. Skripsi. Manajemen. Universitas Negeri Semarang.
  3. Assauri, 1999. Manajemen Produksi. Edisi Revisi. LPFEUL. Jakarta
  4. Al Rosid, H. 2019. Analisis Pengendalian Kualitas Produk dengan Menggunakan Metode Statistical Processing Control (SPC) pada Perusahaan PT. TMMIN. Skripsi. Manajemen. Universitas Pelita Bangsa Bekasi.
  5. Dawud, M.Y. 2020. Pengendalian Kualitas Produk Beras Menggunakan Metode Six Sigma (Studi Kasus Home Industry UD. Mulyo Langgeng). Jurnal ResearchGate. Halaman 120 – 128. (19) 2.
  6. Dewi, K.S. 2012. Minimasi Defect Produk dengan Konsep Six Sigma. Jurnal Teknik Industri UMM. Halaman 43 – 50.
  7. (13) 1.
  8. Fitriana, R., Kurniawan W. & Siregar, J.G. 2020. Pengendalian Kualitas dengan Penerapan Good Manufacturing Practices (GMP) pada Proses Produksi Dodol Betawi (Studi Kasus UKM MC). Halaman 110 – 127. 30 (1).
  9. Fithri, Prima dan Chairunnisa. 2019. Six Sigma sebagai Alat Pengendalian Mutu pada Hasil Produksi Kain Mentah PT Unitex, TBK. Jurnal Teknik Industri UNDIP. Halaman 43 – 52. (14) 1.
  10. Gasperz, Vincent. 2005. Total Quality Management. PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta
  11. Handoko, T. 2000. Dasar-dasar Manajemen Produksi dan Operasi. Yogyakarta:BPFE.
  12. Hidayat, Anang. 2007. Strategi Six Sigma. PT. Elex Media Komputindo. Jakarta. Indriyanto Nur dan Bambang Supono. 1999. Metodologi Penelitian Bisnis. BPFE. Yogjakarta.
  13. Ismail, M.S. 2019. Analisis Metode Servqual dan Six – Sigma sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pelayanan Pendidikan di Program Studi Manajemen Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Skripsi. Manajemen. Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
  14. Izzah, Nailul dan Rozi, Muhammad Fahrur. 2018. Analisis Pengendalian Kualitas dengan Metode Six Sigma – DMAIC dalam Upaya Mengurangi Kecacatan Produk Rebana pada UKM Alfiya Rebana Gresik. Jurnal Soulmath. Halaman 13 – 25. 7 (1).
  15. Laili, W. & Anwar, M.K. 2017. Penerapan Statistical Process Control untuk Pengendalian Mutu Beton Ready Mix di PT. Merak Jaya Beton. Jurnal Mahasiswa Unesa. (3).
  16. Pande, Neumam, Roland R Cavanagh. 2002. The Six Sigma Way Bagaimana GE, Motorola & Perusahaan Terkenal Lainnya Mengasah Kinerja Mereka. ANDI. Yogyakarta.
  17. Pete & Holpp. 2002. What Is Six Sigma. ANDI. Yogjakarta.
  18. Suprapto, H. & Triana, S. 2015. Analisa Perbaikan Kualitas Produk Keramik Tableware dengan Pendekatan Six Sigma (Studi Kasus PT Haeng Nam Sejahtera Indonesia). Jurnal Ilmiah Fifo. (7) 2.
  19. Salsabila, Sefira & Dr. Eng Oke Oktavianty, S.Si., MT. 2022. Peningkatan Performansi Service Supply Chain di AMDK Tirta Kanjuruhan Melalui Implementasi Metode Lean Six Sigma dan Vehicle Routing Problem. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
  20. Sanny, A.R. & Mustafid. 2015. Implementasi Metode Lean Six Sigma sebagai Upaya Meminimalisasi Cacat Produk Kemasan Cup Air Mineral 240 ml (Studi Kasus Perusahaan Air Minum). Jurnal Gaussian. Halaman 227 – 236. (4) 2.
  21. Singgih, L. Moses dan Renanda. 2008. Peningkatan Kualitas Produk Kertas Dengan Menggunakan Pendekatan Six Sigma di Pabrik Kertas Y. Dalam jurnal Teknik Industri, Surabaya: Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
  22. Zulfikar, M. 2020. Analisis Pengendalian Kualitas pada Proses Produksi Benang Reguler dengan Menggunakan Pendekatan Grey Failure Mode and Effect Analyze. Skripsi. Teknik. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.