Peran Digital Marketing terhadap Penjualan Produk UD. Kaos Hasby Kecamatan Mlarak, Kabupaten Ponorogo
Abstract
Pemasaran Digital adalah bentuk bisnis atau operasi yang dibuat oleh profesional pemasaran, bisnis dan individu untuk memasarkan produk atau merek, apakah barang produk dan layanan produk. Penggunaan teknologi informasi digital, seperti menggunakan sarana elektronik atau menggunakan kendaraan di Internet. UD. KaosHasby atau UD. KaosHasby Garment dan Konveksi Ponorogo adalah Perusahaan yang bergerak dalam bidang Garment dan Konveksi. UD. KaosHasby mulai berdiri pada tanggal 30 Mei 1993. Pada awalnya UD.KaosHasby merupakan perusahan umum yang menggunakan manajemen konvesional. Seperti menggunakan bank konvensional yang mengandung bunga, karyawan bebas dengan semaunya sendiri. Metode penelitian yang akan digunakan peneliti adalah eksploratif deskriptif. Metode eksploratif deskriptif digunakan karena penulis belum mengetahui gambaran yang detail tentang situasi permasalahan yang terjadi di perusahaan. Pada penelitian ini, informan penelitian yang dipilih oleh terdiri dari 3 orang staff UD. KaosHasby yang mengerti akan permasalahan yang dibahas oleh peneliti serta Pemilik UD.KaosHasby. Hasil yang diperoleh dari wawancara dengan informan yang merupakan karyawan dan pemilik UD. KaosHasby, didasarkan pada pendekatan yang mencakup biaya, pelanggan, kenyamanan, dan komunikasi. UD. KaosHasby setuju bahwa pemasaran digital membantu mereka mempromosikan dan memasarkan produk mereka secara efektif. Informan mengklaim bahwasannya digital marketing telah membantu mereka menghemat biaya promosi karena selama ini mengandalkan pemasaran online seperti distribusi flyer, iklan surat kabar dan iklan billboard, iklan, pengeluaran UD. KaosHasby akan lebih banyak ketika perusahaan menggunakan pemasaran secara offline
References
- Aditya wardhana. (2015). Strategi Digital Marketing dan Implikasinya Pada Keunggulan Bersaing UMKdi Indonesia. In Seminar Nasional Keuangan dan Bisnis IV (pp. 327–337). Universitas Pendidikan Indonesia.
- Ali, H. (2013). Marketing dan Kasus-Kasus Pilihan. Yogyakarta: CAPS.
- Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. (Edisi Revisi). Jakarta: Rineka Cipta.
- Canavan, O., Henchion, M., & O’Reilly, S. (2007). The use of the internet as a marketing channel for Irish speciality food. International Journal of Retail and Distribution Management. https://doi.org/10.1108/09590550710728110
- Chaffey, D., Chadwick, F. E., Mayer, R., & Johnston, K. (2009). Internet Marketing: Strategy, Implementation, and Practice. United States: Prentice Hall.
- Kartajaya, H. (2009). New Wave Marketing. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
- Kasali, R. (2011). Cracking Zone. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
- Kotler, P., & Keller, K. L. (2008). Manajemen Pemasaran (13 Jilid 1). Jakarta: Penerbit Erlangga.
- Mokhtar, N. F. (2015). Internet Marketing Adoption by Small Business Enterprises in Malaysia. International Journal of Business and Social Science.
- Moloeng, L. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bnadung: PT Remaja Rosdakarya Offset.
- Pradiani, T. (2017). Pengaruh Sistem Pemasaran Digital Marketing Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Hasil Industri Rumahan. Jurnal Jibeka, 11(2), 46–53.
- Sanjaya, R., & Tarigan, J. (2009). Creative Digital Marketing. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Refbacks
- There are currently no refbacks.