Pengaruh Work From Home yang Berdampak pada Disiplin Kerja, dan Lingkungan Kerja Terhadap Kualitas Pelayanan Masyarakat pada Masa Covid-19 di Kantor Desa Batang Hari Ogan

Novi Anggraini(1*)
(*) Corresponding Author

Abstract


Perangkat desa merupakan aparatur pelayanan publik yang mempunyai tugas dan tanggung jawab terhadap pelayanan kepada masyarakat, dan membantu kepala desa dalam menjalankan tugasnya untuk dapat memberikan pelayanan sesuai dengan keinginan masyarakat oleh karena itu para perangkat desa dituntut memiliki komitmen, kemampuan, keterampilan dan perasaan perhatian yang tulus dan membutuhkan rasa empati yang tinggi dalam melaksanakan tugasnya  dalam melayani masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pengaruh work from home yang berdampak pada disiplin kerja dan lingkungan kerja terhadap kualitas pelayanan masyarakat. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu 1) Apakah work from home yang berdampak pada disiplin kerja berpengaruh positif terhadap kualitas pelayanan di kantor desa Batang Hari Ogan ?, 2) Apakah work from home yang berdampak pada lingkungan kerja berpengaruh positif terhadap kualitas pelayanan masyarakat di kantor desa Batang Hari Ogan ?, 3) Apakah work from home yang berdampak pada disiplin kerja dan lingkungan kerja secara bersama sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas pelayanan masyarakat di kantor desa Batang Hari Ogan ? Penelitian ini dilakukan di Kantor Desa Batang Hari Ogan. Teknik pengambilan sampel. Dikarenakan populasi yang di ambil berukuran besar. Maka digunakan rumus slovin dan hanya di ambil sebanyak 76 responden yaitu kepada seluruh masyarakat desa Batang Hari Ogan. Teknik analisis dalam penelitian ini dengan menggunakan uji regresi linear berganda dengan bantuan aplikasi SPSS versi 21. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif  dan signifikan antara disiplin kerja  terhadap kualitas pelayanan di kantor desa Batang hari ogan. Terdapat tidak berpengaruh positif antara lingkungan kerja terhadap kualitas pelayanan di Kantor Desa Batang Hari Ogan. Terdapat pengaruh yang positif atau signifikan secara simultan disiplin kerja dan lingkungan kerja terhadap kualitas pelayanan

Full Text:

References


  1. Bryan filliantoni, 2019, “Pengaruh disiplin kerja dan stress kerja terhadap kinerja karyawan melalui mediasi kepuasan kerja pada karyawan indomobil nissan solobaru”, Skripsi. Fakultas Ekonomi. Universitas Islam Batik Surakarta.
  2. Hasibuan, 2017. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.
  3. Irsyandi,2004. Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Perspektif Global.UNRI Press. Pekanbaru
  4. Kamus Besar Bahasa Indonesia(KBBI) Kamus versi online/daring (dalam jaringan) dikutip dari http://kbbi.web.id/layan. Pada hari selasa.Tanggal 25 januari 2022, pukul 13.21.
  5. Kotler, Philip & Garry Amstrong. 2010. Prinsip-prinsip Pemasaran. Jilid 1 dan 2 edisi.Kedua belas.Jakarta : Erlangga.
  6. Mangkunegara, 2011.Manajemen sumber daya manusia perusahaan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
  7. Mardo, 2016. Manajemen Pemasaran Jasa. Yogyakarta:Deepublish.
  8. Mila Badriyah, 2015. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Pustaka Setia
  9. Putra, 2012.Analisis Pengaruh Beban Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Divisi Marketing dan Kredit PT. WOM Finance Cabang Depok.Skripsi.Institut Pertanian Bogor.
  10. Rivai, V,2004. Manajemen sumber daya manusia untuk perusahaan : Dari teori ke praktik. Rajawali Pers.
  11. Robbins, 2009. Manajemen, Edisi Kesepuluh, Penerbit Erlangga: Jakarta
  12. Sastrohadiwiryo, 2005.Manajemen Tenaga Kerja Indonesia Pendekatan Administrasi dan Operasional. Jakarta: PT Bumi Aksara.
  13. Simanora,H. (2002). Manajemen sumber daya manusia. Yogyakarta: STIE YKPN.
  14. Sugiyono, 2018. Metode penelitian kuantitatif & kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
  15. Sunarso,2010. Pengaruh Kepemimpinan,Kedisiplinan,Beban Kerja dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru Sekolah.Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia. Vol 4. No 1
  16. Suwarto,2020. Aplikasi Komputer bisnis dan pengelolahan data. Metro:Laduny Alifatama
  17. Suyanto, 2011.Analisis regresi untuk uji hipotesis, Yogyakarta. Caps
  18. Tjiptono,fandy. 2011. Service Manajement Mewujudkan Layanan Prima. Yogyakarta:Andy Yogyakarta.
  19. Vivi Maqfiranti, Herman Sjahruddin, Ahmad Anto. 2014. Pengaruh Stress dan Lingkungan Kerja Non Fisik terhadap Kinerja Karyawan. E-Library STIE YPBUP Bongaya. 1-13.
  20. Win Narasuci, Margono Setiawan Noermijati. 2018. Effect of Work Environment by work motivation and job satisfaction. Journal of Applied Management (JAM). Vol.16 (4)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.