Pengaruh Kualitas Pelayanan, Visual Display dan Stimulus Discount terhadap Perilaku Implusif Buying dengan Positive Emotion sebagai Variabel Moderasi (Studi pada Muhammadiyah Bisnis Center (MBC) Kota Metro)
Abstract
Impulsif buying merupakan salah perilaku konsumen dimana konsumen membeli barang yang diinginkan namun tidak mereka butuhkan. Beberapa strategi meningkatkan impulsif buying yaitu peningkatan kualitas pelayanan, stimulus discount dan visual display yang menarik mata pengunjung sehingga membangkitkan positive emotion dan berujung pada perilaku impulsif buying oleh konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, stimulus discount dan visual display terhadap perilaku impulsif buying dengan positive emotion sebagai variabel moderasi di Muhammadiyah Bisnis Center Kota Metro. Desain penelitian adalah penelitian kuantitatif atau penelitian verifikatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode explanatory survey. Objek dalam penelitian ini adalah kualitas pelayanan, stimulus discount, visual display, impulsif buying dan positive emotion. Kegiatan penelitian ini dilakukan di Muhammadiyah Bisnis Center Kota Metro. Populasi penelitian adalah kosumen sebanyak 96 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner. Alat analisis yang digunakan adalah menggunakan analisa kualitas data dan Moderated Regression Analysis (MRA) dengan program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan secara partial maupun simultan kualitas pelayanan, stimulus discount, visual display berpengaruh positif dan signifikan terhadap impulsif buying. Positive emotion memoderasi atau meningkatkan pengaruh kualitas pelayanan, visual display, dan stimulus discount terhadap impulsif buying
References
- Al Farabi, (2019), Pengaruh Price Discount, Bonus Pack dan Visual Merchandising terhadap keputusan Impulse Buying pada PT. Hero Supermarket TBK, Gint Ekspresso Dinoyo Malang, Skripsi Fakultas Ekonomi Universitas Islam Neger(UIN) Maulana malik Ibrahim Malang.
- Andriani dan Harti, (2021), Pengaruh Emosi Positif, Potongan Harga, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Pembelian Impulsive, Forum Ekonomi, 23 (3) 2021, 454-462
- Della Ruslimah Sari dan Ikhwan, (2018), Pengaruh price Discount, Bonus Pack dan In-store Display Terhadap Impuls Buying pada Giant Extra Banjar Kalimantan Selatan, Jurnal Sains Manajemen dan Kewirausahaan Vol.2, No.1; Maret 2018.
- Diany, dkk, (2019), Pengaruh Sales Promotion dan Store Atmosphere terhadap Positive Emotion dan Perilaku Impulse Buying di Departement Store Matahari Duta Mall Banjarmasin, Jurnal Wawasan Manajemen, Vol. 7 Nomor 1, 2019
- Febria dan Oktavio, (2020), Peran Positive Emotion Sebagai Intervening Variable antara Sales Promotion Dan Impulsive Buying Behaviour pada Pengguna E-Wallet Pengunjung Tunjungan Plaza Surabaya, Jurnal Manajemen Pemasaran, Vol. 14, No. 2, Oktober 2020, 67─76.
- Fitriana, (2016), Analisis Pengaruh Display Interior Terhadap Perilaku Pembelian Impulsif Konsumen Indomaret Pontianak, Journal of Applied Intelligent System, Vol. 1, No.2, Juni 2016: 90 -102.
- Kristiawan, Gunawan dan Visensius, 2018, Pengaruh Potongan Harga, Bonus Kemasan, Tampilan Dalam Toko terhadap Keputusan Pembelian Impulsif, Manajemen Bisnis Indonesia Vol. 6, No 1; Oktober 2018.
- Lubaba, (2019), Pengaruh Visual Merchandising Terhadap Impulse Buying Melalui Positive Emotion Pada Toko Miniso Mall City Point Malang, Skripsi, Universitas Islam negeri Maulana Malik Ibrahim.
- Lupiyoadi, 2011, Manajemen Pemasaran Jasa, Edisi. Kedua, Jakarta: Salemba Empat.
- Pratama, (2021), Pengaruh Visual Merchandising dan Potongan Harga terhadap Impulse Buying pada toko Miniso Mall Solo Square, Skripsi Fakultas Ekonomid an Bisnis Universitas Muhammadiyah Surakarta.
- Setiawan, (2019), Pengaruh Price Discount, Bonus Pack, dan In Store Display Terhadap Keputusan Impulse Buying, Skripsi, Fakultas Ekonomi Bisnis Universitas Pelita Bangsa.
- Soodan, V., & Chandra Pandey, A. (2016). Influence of emotions on consumer buying behaviour: A study on FMCG purchases in Uttarakhand, India. Journal of Entrepreneurship, 4(2), 163–181. Retrieved from www.scientificia.com
- Suryana dan Sari, (2021), Pengaruh Visual Merchandising, Store Atmosphere, dan Price Discount terhadap Impulse Buying dengan Positive Emotion sebagai Variabel Intervening, Indonesian Journal of Law and Economics Review, Vol 11 (2021): May
Refbacks
- There are currently no refbacks.