Penerapan Sistem Informasi Akuntansi Penjualan pada SPBU Ponorogo

Agustina Putri Rohmati(1*)
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui sistem informasi akuntansi yang ada di SPBU Jingglong, Ponorogo. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan maksud untuk mendeskripsikan dan menggambarkan masalah yang ada pada perusahaan tentang bagaimana sistem informasi akuntansi penjualan yang ada di SPBU Jingglong, Ponorogo. Analisis data informasi akuntansi penjualan ini dilakukan untuk mengetahui apakah kegiatan penjualan pada perusahaan tersebut sudah berjalan sesuai prosedur atau belum serta untuk mengecek ketelitian dan kecanggihan data akuntansi yang ada pada perusahaan.Sistem jaringan prosedur disusun berdasarkan peraturan tertulis untuk melakukan kegiatan pokok perusahaan. Kegiatan tersebut melibatkan banyak orang di dalam suatu departemen. Penjualan merupakan aktivitas atau bisnis menjual produk dan jasa. Di dalam proses penjualan, penjual memberikan kepemilikan atau komoditas kepada pembeli untuk suatu harga. Penjualan disini dapat dilakukan dalam berbagai cara secara langsung dan penjualan melalui agen penjualan. Hasil penelitian ditunjukkan bahwa kegiatan penjualan pada SPBU telah menggunakan standar operasional yang diterapkan PT Pertamina. Sistem informasi akuntansi penjualannya telah menggunakan bantuan teknologi sehingga terjamin keakuratan dan tertata secara rapi. 


Full Text:

References


  1. DP Lestari, Ibnu Rusdi, AS Mulyani, 2018, Jurnal Sistem Informasi Penjualan Pada PT Surya Borobudur Pratama Depok, VOL VII No.1, dari https://ejournal.antarbangsa.ac.id/index.php/jsi/article/view/222, Diakses 6 Juni 2022.
  2. Fitriyati, 2013, Sistem Akuntansi Pembelian BBM Pada SPBU 14.2856118 Hj.Rosniati,Kecamatan Rambah Samo, VOL II, NO.1, dari https://www.neliti.com/id/publications/58941/sistem-akuntansi-pembelian-bbm pada-spbu-142856118-hj-rosniati-kecamatan-rambah, Diakses 6 Juni 2022.
  3. Mulyadi, 2013, Sistem Akuntansi, Penerbit: Salemba Empat, Jakarta. Mulyadi, 2016, Sistem Akuntansi Edisi Empat, Penerbit: Erlangga, Jakarta.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.