Market Expansion and Canvassing Area Tulang Bawang danTulang Bawang Barat di PT. Great Giant Pineapple
Abstract
Dengan adanya dukungan pemerintah dalam pelaksanaan pertanian organik sehingga semakin mendorong perusahaan untuk dapat memasarkan pupuk organik cair hayati dengan merk Liquid Organic Biofertilizer (LOB) kepada masyarakat. Kemudian dibentuklah bisnis unit perusahaan sebagai tempat untuk menjadi distrubutor Liquid Organic Biofertilizer (LOB) yaitu Inbio Tani Nusantara (ITN) pada tahun 2018 dan tergabung selanjutnya di jadikan anak perusahaan oleh PT. Great Giant Pineapple (GGP). Lingkup Pekerjaan yang dilakukan selama enam bulan pada proses magang merdeka kemendikbudristek di PT. Great Giant Pineapple (GGP) adalah beraktivitas pada bagian Departemen sales operation. Aktivitas ini memberikan pengetahuan dan pengalaman dalam operasional penjualan dan pengaturan-perencanaan permintaan & pemasaran jumlah produk di dalam perusahaan distribusi & pemasaran. Sistem departemen inilah yang menjadi penyokong, pengatur seluruh pekerja lapangan atau sales yang melakukan penawaran produk secara langsung ke pelanggan. Dalam hal ini sales operation mengumpulkan beberapa kendala pemasaran lalu menganalisa untuk suatu perbaikan sehingga menghasilkan jumlah penjualan yang meningkat. Jika mengacu pada nama besar PT. GGP dan juga produk yang berkualitas maka sangat tidak lazim kalau jumlah penjualan di daerah tersebut rendah. Untuk bisa menemukan solusi dari permasalahan tersebut mengajukan project yang bernama Market Expansion and Canvassing. Dalam melakukan project ini di butuhkan strategi pemasaran yang bernama marketing mix atau bauran pemasaran. Dalam dunia bisnis, dikenal juga istilah ekspansi pasar dan canvassing, yakni perusahaan dengan barang dimiliki bermaksud untuk merambah pasar baru, mengembangkan pasar yang sudah ada di titik geografis baru, hingga menjangkau pengguna-pengguna baru yang belum pernah sama sekali menggunakan produknya.
References
- DeliyantiOentoro. 2012. Manajemen Pemasaran Modern. Laks Bang Pressindo: Yogyakarta.
- Helaludin, Hengki Wijaya. 2019. Analisis Data Kualitatif. Sekolah Tinggi Theologia Jaffray: Makassar.
- Hidayat. 2021. Sebenarnya Apa itu Sales Operations, Fungsi, Serta Jenjang Karir yang Dimiliki. https://myrobin.id/sebenarnya-apa-itu-sales-operations. 6 juni 2022 (09.00)
- Ibnu. 2021. Canvassing adalah : Pengertian, Kelebihan, Kekurangan Sales Canvassing. https://accurate.id/marketing-manajemen/canvassing-adalah-pengertian-kelebihan-dan-kekurangan-sales-canvassing. 8 juni 2022 (11:00).
- Indrasari, Methiana. 2019. Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Unitomo Press: Surabaya.
- Kasmir. 2003. Pemasaran Bank. Kencana: Jakarta.
- Kasmir. 2010. Manajemen Perperusahaanan. PT. Raja Grafindo Persada: Jakarta.
- Komarudin. 2013. Metode Canvassing Dalam Bidang Pemasaran Pada Industri Bisnis Telekomunikasi. Jurnal UPN Veteran Jakarta, 9 (1), h. 52
- Musfar. 2020. Bauran Pemasaran Sebagai Materi Pokok Dalam Manajemen Pemasaran. CV. Media Sains Indonesia: Bandung.
- Nuraini. 2022. Pengertian ISO: Tujuan, Jenis dan Penerapannya Bagi Perusahaan. https://www.mas-software.com/blog/pengertian-iso-tujuan-jenis-dan-penerapannya. 6 juni 2022 (10:00).
- Pandji Anoraga. 2007. Pengantar Bisnis : Pengelolaan Bisnis dalam Era Globalisasi. PT Rineka Cipta: Jakarta.
- Philip Kotler. 2003. Marketing Insight From A to Z. Erlangga: Jakarta.
- Philip Kotler. 2008. Prinsip Manajemen Pemasaran. Erlangga: Jakarta.
- Riyanto, Bambang. 2010. Dasar-Dasar Pembelajaran Perusahaan. Edisi 4. BPFE: Yogyakarta.
- Sari, Dian dkk. 2021. Manajemen Pemasaran. Media Sains Indonesia: Bandung.
- Sasora, Samiaji. 2021. Analisis Data Kualitatif. PT. Kanisius: Yogyakarta.
Refbacks
- There are currently no refbacks.