Evaluasi Ekonomi Jasa Lingkungan Tebing Breksi Sleman Yogyakarta

Asmaul Chomsiana(1*)
(*) Corresponding Author

Abstract


Jasa lingkungan ialah manfaat yang diperoleh masyarakat dari hubungan timbal-balik yang dinamis yang terjadi di dalam lingkungan hidup, antara tumbuhan, binatang, dan jasa renik dan lingkungan non-hayati. Taman Wisata Tebing Breksi juga memiliki jasa lingkungan secara langsung maupun secara tidak langsung, yang juga berdampak baik bagi masyarkat sekitar dikarenakan pengelola dari Taman Tebing Breksi sendiri merupakan masyarakat sekitar wisata tersebut. Tebing Breksi terletak di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), secara geografis Kabupaten Sleman.

Tebing Breksi merupakan sebuah bukit hasil dari endapan abu vulkanik purba, kemudian terkikis oleh penambangan warga yang membentuk keunikan dan menjadi daya tarik masyarakat untuk dikunjungi. Kemudian mengalami perkembangan seperti adanya nilai seni pada tebing yaitu berupa hasil pahatan dan ukiran-ukiran yang membentuk karya seni seperti tokoh-tokoh pewayangan yang sengaja dipahat oleh seniman lokal. Selain keindahan tebing juga menawarkan pemandangan dari puncak tebing seperti keindahan panorama Candi Ijo dan Candi Ratu Boko yang berlatar Gunung Merapi dan Merbabu. Pengembangan objek wisata Taman Tebing Breksi dilakukan dengan sistem Community Based Tourism (CBT) dimana pengembangan objek wisata dilakukan dengan memanfaatkan sumber daya manusia dari warga desa setempat yaitu Desa Sambirejo.

Valuasi ekonomi diperlukan dalam rangka memberikan nilai kuantitatif terhadap barang dan jasa sumberdaya alam (SDA) dan lingkungan. Dalam definisi yang lebih lugas dapat dijelaskan bahwa Jasa lingkungan adalah produk sumberdaya alam hayati dan ekosistem berupa manfaat langsung (tangible) dan manfaat tidak langsung (intangible) yang meliputi antara lain jasa wisata alam/rekreasi, jasa perlindungan tata air/hidrologi, kesuburan tanah, pengendalian erosi dan banjir, keindahan, keunikan, keanekaragaman hayati, penyerapan dan penyimpanan karbon.

 


Full Text:

References


  1. AKBAR, M. Z. (2018, 05 07). repository umy. Retrieved from WILLINGNESS TO PAY PENGEMBANGAN DAN PERBAIKAN KUALITAS OBJEK WISATA TEBING BREKSI DI KABUPATEN SLEMAN: http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/19819
  2. Prasetyo, A. Y. (2020). EVALUASI ASPEK LINGKUNGAN TEBING BREKSI MENGGUNAKAN INDIKATOR SUSTAINABLE TOURISM UNWTO. ejournal.stipram.ac.id, 108-159.
  3. Zuraya, N. (2022, Juni Thursday). Objek Wisata Tebing Breksi Dipastikan Tetap Aman Dikunjungi. Retrieved from Republika.co.id: https://www.republika.co.id/berita/oeg2d4383/objek-wisata-tebing-breksi-dipastikan-tetap-aman-

Refbacks

  • There are currently no refbacks.