Bisnis Clothing Marak Pesaing, PTG Clothing Perlu Strategi yang Optimal

Nurya Giovani(1*), Anfal Husna Tuada(2), Titi Rapini(3)
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa strategi penjualan dan pemasaran yang di lakukan oleh bisnis pakaian di PTG Clothing, Ponorogo. Metode yang digunakan di dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Pengumpulan data diperoleh dari wawancara semi terstruktur dengan melibatkan informan utama, observasi dan dokumentasi. Saat ini bisnis pakaian menjadi bisnis yang paling digemari oleh beberapa wirausaha dikarenakan selama masa pandemi ini banyak sekali masyarakat yang memilih untuk membeli pakaian melalui mitra langsung atau tangan pertama dibandingkan berbelanja di toko baju. Perubahan sikap konsumen selama pandemi ini sangat mempengaruhi peningkatan penjualan bisnis online yang ramah kantong dengan kualitas yang cukup memadai. Kondisi seperti ini di satu sisi menguntungkan para wirausaha yang memiliki bisnis pakaian namun juga meningkatkan pesaing dengan jenis bisnis yang sama. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang dilakukan oleh PTG clothing masih belum maksimal walaupun sudah mencoba berbagai strategi pemasaran online maupun offline. Oleh karena itu fokus dari penelitian ini adalah untuk memberikan sebuah strategi yang optimal bagi PTG Clothing agar mampu bersaing dan mengembangkan bisnisnya.

 


Full Text:

References


  1. Alma, Buchari. 2009, Manajeman Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung:
  2. Alfabeta Alma, Buchari. 2010, Kewirausahaan. Bandung: Alfabeta.
  3. Assauri, Sofyan. 1990. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali.
  4. Chandra, Gregorius. 2002. Strategi dan Program Pemasaran. Yogyakarta: Andi. Danim, Sudarman. 2002. Menjadi Peneliti Kualitatif. Bandung: Pustaka Setia.
  5. Dharmmesta, Basu Swastha, dan Hani Handoko. 2000. Manajemen Pemasaran Analisis Perilaku Konsumen. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.
  6. Ebert, Ronald J, dan Ricky W. Griffin. 2015. Pengantar Bisnis. Terjemahan oleh Devri Barnadi Putera. 2015. Jakarta: Erlangga
  7. Satori, Djam’an, dan Aan Komariah. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
  8. Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Al

Refbacks

  • There are currently no refbacks.