ANALISIS STUDI KELAYAKAN INVESTASI WARALABA (FRANCHISE) (STUDI KASUS:PADA PRODUK MINUMAN"DINGIN KOE" ) DI MADIUN
Abstract
Manajemen keuangan merupakan salah satu bidang kajian ekonomi yang memiliki fenomena yang sangat kompleks dalam memberikan respon sekaligus solusi terhadap berbagai macam resiko dan ketidakpastian dalam investasi keuangan yang dihadapi oleh setiap individu,organisasi bisnis dan perusahaan,serta pemerintah.Investasi merupakan suatu pengeluaran atau pengorbanan yang dilakukan untuk suatu harapan di masa yang akan datang,dengan kondisi perekonomian yang tidak menentu usaha waralaba dengan modal tidak terlalu besar dengan target keuntungan yang lumayan tinggi dan bisa mencapai target yang di tentukan dengan cepat.Minuman berkonsep unik dengan banyak varian rasa mampu menarik minat pembeli yang di harapkan naik secara signifikan. "DINGIN KOE" adalah salah satu usaha di bidang kuliner yang menawarkan minuman kekinian dengan varian berbagai macam rasa yang di padukan jadi sebuah minuman yang di minati anak muda sekarang dengan pengolahan Penyajian yang menarik pengemasan yang praktis untuk memberikan kepuasan pada pembeli yang kebanyakan anak muda, serta ada juga menu minuman olahan kopi dengan tambahan varian rasa dengan makanan pendamping yang cocok dimakan dan diminum kapan saja. Alasan memilih usaha ini adalah menciptakan gaya hidup sehat dengan meminum berbagai pilihan rasa ini.Usaha mikro ini berlokasi di Area Dolopo kabupaten Madiun berdekatan dengan Pasar tradisional Dolopo Madiun dibuat dengan modal minim dan berawal dari usaha rumahan yang bisa dilakukan di waktu luang dan mendapatkan hasil bulanan yang cukup menjanjikan. Promosi yang akan dilakukan menggunakan Offline di pinggir jalan raya, media online dan media sosial. Dari pemasaran yang sudah dilakukan via media social banyak yang bertanya dan berminat untuk menjadi franchisee maka usaha ini juga akan dikembangkan dengan sistem waralaba. Berdasarkan aspek kelayakan usaha menggunakan penerapan 7P (Product, Price, Promotion, Placement, People, Process, Physical Evidence) "Dingin koe" dinyatakan layak untuk dijalankan dan berprospek menguntungkan di masa mendatang dengan buy back period 14 bulan.
References
- Frida, Catharina. Kewirausahaan. Yogyakarta: Penerbit Gharudawaca, 2020.Gamal, Merza. Aktifitas Ekonomi Syariah. Pekanbaru: UNRI Pers, 2004.Karamoy, Amir. Waralaba: Jalur Bebas Hambatan Menjadi Pengusaha Sukses.Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2011.
- Anggito, Albi, & Setiawan, Johan. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. CV Jejak (Jejak Publisher). Bhakti, Indira Swasti Gama. (2017). Rahasia Dagang Dalam Usaha Franchise Di Bidang Kuliner. Literasi Hukum, 1(1).
- Johannes Ibrahim, S. H., Sirait, Yohanes Hermanto, & SH, L. L. M. (2021). Kejahatan Transfer Dana:Evolusi Dan Modus Kejahatan Melalui Sarana Lembaga Keuangan Bank. Sinar Grafika (Bumi Aksara).Launa, Launa, & Mudjiyanto, Bambang. (2022).MEMBINCANG RISIKO DAN KETIDAKPASTIAN (SEBUAH PENJAJAKAN KONSEPTU POLITIK) Communitarian, 3(2).
- Nurkhotimah, Siti. (2014). Analisis Studi Kelayakan Investasi Waralaba(Franchise)(Studi Kasus: Rumah Makan Joglo Kampoeng Doeloe, Semarang).
- Skripsi Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Nurmalina, Rita, Sarianti, Tintin, & Karyadi, Arif. (2018). Studi kelayakan bisnis. PT Penerbit IPB Press.
- Pamungkas,AlfaridziTrisurya.(2020).AnalisisPengaruh profitabilitas, Good Corporate Governance, Leveragedan Ukuran Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan dengan Corporate Social Responsibility sebagai Variabel Intervening.Rahardjo, Mudjia. (2017). Studi kasus dalam penelitian kualitatif: konsep dan prosedurnya.
- YOLANDA, OLFA and Sucipto, Sucipto and Anita, Efni (2021) PROSPEK PENGEMBANGAN USAHA MINUMAN THAI TEA DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN PADA BISNIS WARALABA CAFE TEANOL DI KEC. TELANAIPURA KOTA JAMBI. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.
Refbacks
- There are currently no refbacks.