Analisi Pengaruh Rasio Keuangan terhadap Harga Saham Sektor Keuangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia

Fani Kusuma(1*), Febriyanto Febriyanto(2), Karnila Ali(3)
(*) Corresponding Author

Abstract


Pasar modal sebagai sarana berinvestasi juga dapat dimanfaatkan oleh masyarakat untuk melakukan investasi, salah satu investasi tersebut dalam bentuk saham. Saham adalah satuan nilai atau pembukuan dalam berbagai instrumen finansial pada bagian kepemilikan perusahaan. Investor yang melakukan investasi dengan membeli saham di pasar modal, terlebih dahulu menganalisis kondisi perusahaan agar investasi yang dilakukan mampu memberikan keuntungan (return). Informasi-informasi yang diperlukan yaitu mengetahui variabel-variabel apa saja yang mempengaruhi terjadinya fluktuasi harga saham dan juga untuk mengetahui bagaimana hubungan antar variabel-variabel tersebut. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh mengetahui Price To BookValue (PBV), Earning Per Share (EPS), Debt To Equity Ratio (DER), Return On Asset (ROA), Return On Equity (ROE) terhadap kenaikan harga saham pada perusahaan sektor keuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Dalam penelitian ini menggunakan data sekunder dari publikasi pihak ketiga dan metode penelitian yang digunakan adalah purposive sampling dengan periode pengamatan 2018-2020 dengan jumlah sampel yang diperoleh sebanyak 5 perusahaan per tahunnya. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistic deskriptif. Uji persyaratan analisis menggunakan uji normalitas. Uji asumsi klasik dalam penelitian ini menggunakan uji multi kolinearitas, uji auto korelasi, dan uji heteroskeda stisitas. Analisis data menggunakanan alisis regresi linier berganda, uji parsial (uji t), uji simultan (uji F), dan koefisien determinasi (R2). Berdasarkan hasil penelitian dengan menggunakanan alisis regresi linier berganda dengan uji t diperoleh Price To Book Value (PBV) tidak berpengaruh signifikan terhadap kenaikan harga saham, Earning Per Share (EPS) berpengaruh dan signifikan terhadap kenaikan harga saham, Debt To Equity Ratio (DER) tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap kenaikan harga saham, Return On Asset (ROA) berpengaruh dan signifikan terhadap kenaikan harga saham, Return On Equity (ROE) tidak berpengaruh signifikan terhadap kenaikan harga saham Dari uji F diperoleh Price To BookValue (PBV), Earning Per Share (EPS), Debt To Equity Ratio (DER), Return On Asset (ROA), Return On Equity (ROE) berpengaruh secara bersama-sama terhadap kenaikan Harga Saham

Full Text:

References


  1. Athanasius, T. (2012). Berinvestasi Saham. Jakarta: PT. Elex Media. Komputindo
  2. Fahmi. 2012. Manajemen Investasi. Teori dan soal jawab. Jakarta: Salemba Empat.
  3. Herlianto,2010, Seluk Beluk Investasi di Pasar Modal di Indonesia, Yogyakarta, Gosyen Publishing.
  4. Jogiyanto,2000,’’Teori Portofolio dan Analisis Investasi”, BPFE, Yogyakarta
  5. Jogiyanto, H. (2010). Teori Portofolio dan Analisis Investasi. Edisi Keenam. Yogyakarta: BPFE.
  6. Kabajeh, Majed Abdel Majid. Al- Nu’aimat Said Mukhled Ahmed. Dahmash Firas Naim. (2012). The Relationship between the ROA, ROE, dan ROI Ratios with Jordanian Insurance Public Companies Market Share Prices. International Journal of Humanities and Social Science. 2(11).
  7. Kasmir, 2016, Analisis Laporan Keuangan, PT Raja Grafindo Persada, Jakarta
  8. Makroekonomi , Risiko Sistematis, dan kebijakan perusahaan Terhadap Nilai Perushaan” (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia). Disertasi, Program Pasca Sarjana, Universitas Diponegoro, Dipublikasikan.
  9. Martono dan Harjito.2005.Manajemen Keuangan. Edisi Pertama Cetakan Kelima, EKONISIA, Yogyakarta, h.16.
  10. Subhan dan Pardiman. (2016). Pengaruh Net Profit Margin, Return On Equity dan Earning Per Share Terhadap Harga Saham Perusahaan Industri Barang Konsumsi Yang Tercatat di Bursa Efek Indonesia Periode 2008-2011, Jurnal Profitabilitas 1-13.
  11. Website : PT. Bursa Efek Indonesia. https://www/idx.co.id. Diakses 15 Januari 2022. Aplikasi Playstore Handphone Data Saham Indonesia

Refbacks

  • There are currently no refbacks.