Alternatif Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Volume Penjualan pada Usaha Ptg Clothing di Kecamatan Kota Ponorogo

Umi Farida(1), Tegar Bhagawanta(2*), M. Wildan Dwi Alfarisi(3)
(*) Corresponding Author

Abstract


Strategi pemasaran merupakan strategi yang digunakan oleh perusahaan produsen barang dan jasa atau pelaku usaha secara berkesinambungan untuk memenangkan persaingan pasar secara berkesinambungan. Dalam teori pemasaran yang dikemukakan oleh Kasmir dan Fandy Tjiptono, strategi pemasaran yang dilakukan menggunakan 4P yaitu produk (product), harga (price), proses (process), dan tempat (place). Semua aspek 4P telah diterapkan oleh PTG Clothing, hal ini sudah berjalan dengan maksimal di PTG Clothing faktanya di dalam menarik minat beli para konsumen sudah terlihat lancar untuk mendapatkan para konsumen baik secara online maupun secara offline. Jenis penelitian yang digunakan oleh penulis adalah penelitian lapangan (field research), dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Peneliti mempraktikan langsung pemasaran dengan didampingi pemilik dari PTG Clothing. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data pada penelitian ini antara lain observasi dan wawancara. Teknik pengolahan data dengan melalui dua tahap yaitu reduksi data dan penyajian data. Hasil penelitian menunjukan bahwa alternatif strategi pemasaran yang diterapkan oleh toko PTG Clothing sudah baik dengan memanfaatkan media sosial online misalnya seperti WhatsApp, Facebook dan Instagram selain itu juga di pasarkan melalui marketplace seperti Shopee, Lazada dan Tokopedia serta secara offline dari mulut ke mulut. Segala alternatif strategi pemasaran yang telah diterapkan oleh PTG Clothing baik secara online maupun offline dampaknya sangat terasa, banyak job yang di dapatkan PTG Clothing baik secara partai maupun  satuan.


Full Text:

References


  1. Ali Hasan, 2010. Marketing dari Mulut ke Mulut: Word of Mouth Marketing. Jakarta : MedPress.
  2. Alma, 2003. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: ALFABET.
  3. Alma, Buchari. (2011). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung : Alfabeta.
  4. Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
  5. Assauri, Sofjan. 2013. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali Pers
  6. Basu Swastha Dharmmesta dan T. Hani Handoko, 2014. Manajemen Pemasaran Analisis Perilaku Konsumen, Yogyakarta : BPFE.
  7. Dharmesta, B.S. & Handoko. 2008. Manajemen Pemasaran: Analisis Perilaku Konsumen. Yogyakarta.
  8. Kotler dan Amstrong, 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran Jakarta : Erlangga.
  9. Kotler dan Keller. 2012. Marketing Managemen. E.14. Global edition : Pearson Education.
  10. Kotler, Philip. 2000. Manajemen Pemasaran. Jakarta : PP Indeks Kelompok Gramedia.
  11. Sugiyono, 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta,
  12. Sukardi. 2009. Metodologi Penelitian Jakarta: Bumi Aksara.
  13. Cahya Palupi, 2012. Faktor Yang Mempengaruhi Minat Beli Produk Makanan dan Minuman UMKM Kabupaten Tangerang, Jurnal Manajemen & Kewirausahaan, Vol. 14.
  14. Ujianto Abdurachman, 2004. Faktor-Faktor yang Menimbulkan Kecenderungan Minat Beli
  15. Konsumen Sarung, Jurnal Manajemen & Kewirausahaan, Vol. 1.
  16. Haryanti, Setyani Sri dan Hastuti, Ida Dwi. 2011. Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Bauran Pemasaran Terhadap Loyalitas Nasabah Dengan Kepuasan Nasabah Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada KSU Syariah An Nur Tawangsari Sukoharjo. Jurnal Ekonomi Universitas IEU Yogyakarta.
  17. Jamaludin, A., Arifin, Z., dan Hidayat, K. 2015. PENGARUH PROMOSI ONLINE DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Survei Pada Pelanggan Aryka Shop di Kota Malang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) Vol. 21 No. 1.
  18. Kaharu, Debora dan Budiarti, Anindhyta. (2016). PENGARUH GAYA HIDUP, PROMOSI, DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA COSMIC. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen : Volume 5, Nomor 3.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.