PENYESUAIAN DIRI SEBAGAI PENDIDIKAN KARAKTER DI ISLAMIC BOARDING SCHOOL
Abstract
Boarding school adalah lembaga pendidikan di mana para siswa tidak hanya belajar, tetapi juga bertempat tinggal dan hidup menyatu di lembaga tersebut. MTs-MA Boarding School Yayasan Assunnah Cirebon adalah satu dari sekian Boarding School yang telah mendidik siswa-siswanya pada jenjang pendidikan MTs dengan 4 rombongan belajar dan MA dengan 3 rombongan belajar tiap tahun penerimaan siswa.Yayasan ini menanamkan pendidikan karakter sejak dini berdasarkan Al-Qur’an dan As-Sunnah.Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitan ini untuk: (1) mengetahui gambaran umum pendidikan karakter siswa, (2) menganalisis penyesuaian diri siswa dalam pembentukan karakter, (3) menganalisis kontribusi pendidikan karakter Boarding School pada pendidikan karakter di Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field riseach) yang dirancang untuk mengetahui analisis kelekatan dalam pembentukan karakter siswa di MTs-MA Boarding School Yayasan Assunnah Cirebon, dengan menggunakkan analisis kualitatif dengan pendekatan yang sifatnya multidisiplin. Informan dalam penelitian ini adalah dari Yayasan, Pengelola Lembaga yang merupakan penentu kebijakan pendidikan, Komite Sekolah, Kepala Sekolah, Guru, dan beberapa siswa yang berkarakter.
Hasil penelitian ini bisa disimpulkan bahwa (1) Islamic Boarding School Assunnah Menyebarkan dakwah Islamiyah melalui tashfiyah dan tarbiyah dengan pemahaman salafussholeh, (2) Pendidikan karakter yang dikembangkan berupa integrasi pendidikan karakter dalam pembelajaran dan asrama, (3) Penyesuian diri siswa memiliki peranan penting pada pembentukan karakter, (4) kontribusi pendidikan Boarding School dengan penanaman 6 pendidikan karakter Indonesia dan ciri khas pendidikan karakter, berupa kemandirian, kedisipilinan, keikhlasan, kesederhanaan, islamic brotherhood, ketundukan dan kepatuhan.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.