AKTUALISASI NILAI PANCASILA DALAM PEMBENTUKAN NILAI KARAKTER PADA SISWA SD NEGERI PUCANGAN 3 KECAMATAN KARTASURA TAHUN PELAJARAN 2017-2018

Suyahman Suyahman

Abstract


Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan aktualisasi nilai Pancasila dalam pemebntukan nilai karakter siswa SD Negeri Pucangan 3 tahun pelajaran 2017-2018. Peneltian ini penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas I SD Negeri Pucangan 3 tahun Pelajaran 2017-2018, dan objeknya adalah nilai pancasila dan nilai karakter. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Guna mengetahui validitas data maka dalam penelitian ini digunakan triangulasi data dan metode. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis interaktif yang terdiri dari 3 tahap yaitu: reduksi data, display data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukan bahwa aktualisasi nilai Pancasila dalam pembentukan nilai karakter bagi siswa kelas I SD Negeri pucangan 3 tahun pelajaran 2017-2018 kurang optimal. Hal ini di dasarkan hasil temuan di lapangan masih banyak sikap, perilaku dan perbuatan siswa kelas I yang kurang mencerminkan nilai-nilai Pancasila. nilai-Nilai Pancasila belum mampu menumbuhkan nilai karakter pada siswa secara optimal. Kesimpulannya aktualisasi nilai pancasila yang dapat emnumbuhkan nilai karakter pada siswa kelas I SD negeri Pucangan 3 dapat dilakukan dengan cara : pembiasaan – pembiasaan sikap dan perilaku guru yang mencerminkan nilai-nilai pancasila, keteladanan-keteladanan yang diberikan oleh guru di sekolah yang mencerminkan nilai-nilai pancasila, perlunya guru memberikan penghargaan dan sanksi yang bersifat edukatif bagi siswa yang sikap, perilaku dan perbuatannya selalu mencerminkan nilai-nilai pancasila.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.