PERAN STRATEGIS KEARIFAN LOKAL DALAM PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI ERA DISRUPSI
Abstract
Arus perubahan yang tidak bisa dihindarkan menyebabkan pengaruh globalisasi dengan sangat mudah masuk ke negara Indonesia salah satunya melalui teknologi. Teknologi yang menjadi kebutuhan manusia tidak bisa dipungkiri membawa pengaruh yang positif karena membantu memudahkan manusia dalam memenuhi kebutuhannya. Akan tetapi disisi lain dampak negatif dari teknologi juga menjadi mimpi buruk bagi bangsa Indonesia, salah satunya melunturnya karakter warga negara khususnya generasi muda yang tidak sesuai lagi dengan kepribadian bangsa Indonesia. Oleh karena itu dibutuhkan strategi untuk tetap menjaga dan melindungi kepribadian kita? Indonesia memiliki kekayaan budaya termasuk nilai-nilai kearifan lokal yang terdapat pada masing-masing daerah, yang sebetulnya nilai-nilai tersebut mengandung makna yang positif untuk tetap di jaga dan diimplentasikan pada jaman sekarang. Maka salah satu upaya untuk mempertahankan nilai-nilai kearifan lokal yang ada di Indonesia, perlu di revitalisasi kembali salah satunya melalui proses pembelajaran karakter. Salah satunya pada Pendidikan Kewarganegaraan. Metode penulisan ini menggunakan metode literature review pada artikel yang sesuai dengan tema, kemudian dianalisis dan ditarik kesimpulan, selain itu penulis menggunakan metode wawancara kepada mahasiswa terkait dengan pelaksanaan pembelajaran PKn. Kesimpulan yang diperoleh adalah nilai-nilai kearifan lokal dapat digunakan untuk mengajarkan karakter. Proses pembelajaran berbasis nilai kearifan lokal dapat dilakukan pada saat, 1) proses penyusunan perangkat pembelajaran, 2) pelaksanaan pembelajaran, dan 3) pada saat evaluasi pembelajaran.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.