STRATEGI PEMBELAJARAN PBL (PROBLEM BASED LEARNING) SEBAGAI SALAH SATU METODE PEMBELAJARAN BERKARAKTER DAN BERWAWASAN GLOBAL
Abstract
Era globalisasi yang terjadi saat ini membawa perubahan besar di semua bidang kehidupan, terutama di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi informasi. Perubahan ini membawa dampak terhadap orientasi pendidikan di Indonesia yang menjadi bagian penting dalam upaya perwujudan daya saing secara global. Pendidikan mempunyai peran dalam pembentukan karakter siswa dalam proses menggali pengetahuan, sikap dan ketrampilan. Selain itu guru diharapkan mampu melakukan inovasi dalam proses pembelajaran yang dapat membantu siswa dalam mengembangkan cara berpikirnya secara kritis dan inovatif, serta mampu mempelajari dan menyelesaikan masalah yang dihadapi pada era globalisasi saat ini. Pembelajara berbasis masalah (Problem Based Learning) merupakan salah satu strategi pembelajaran yang berpusat pada siswa, yang menuntut siswa untuk terampil dan peka terhadap pemecahan masalah yang ada di lingkungan riil sosialnya secara kolaboratif. PBL merupakan model pembelajaran konstruktivisme, dimana fokus pembelajaran ada pada masalah yang dipilih yang mengandung isu-iso atau permasalahan global yang saat ini terjadi. Sehingga siswa tidak hanya harus memahami konsep yang relevan dengan masalah yang menjadi pusat perhatian, tetapi juga memperoleh pengalaman belajar yang berhubungan dengan ketrampilan pemecahan masalah dan menumbuhkan pola berpikir kritis. PBL dapat digunakan sebagai salah satu metode pembelajaran yang berkarakter dan berwawasan global. Hal ini bisa dilihat dengan adanya karakteristik yang ada dalam pembelajaran PBL, pada setiap tahap-tahap pembelajaran PBL juga mencerminkan metode pembelajaran yang berkarakter. Masalah yang disajikan guru dalam pembelajaran PBL ini mengandung fenomena global meliputi aspek-aspek lingkungan hidup, sosial, budaya, ekonomi dan politik, maka siswa akan banyak mencari tahu tentang isu-isu yang terjadi saat ini yang tentu saja sangat berkaitan dengan wawasan global.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.