REKONSTRUKSI PENDIDIKAN ISLAM UNTUK TRANSFORMASI SOSIAL

Tantin Puspita Rini

Abstract


Masyarakat modern membutuhkan sentuhan religi agar tidak terjebak kehilangan makna kehidupan. Agama, dalam hal ini nilai-nilai Islam yang terkemas dalam bingkai Pendidikan Islam diharapkan mampu menjadi benteng sekaligus fondasi akhlak dan perilaku generasi. Transformasi dibutuhkan untuk dapat kembali menjalankan sistem sosial yang lebih humanis berbasis masyarakat. Peran pendidikan Islam sangat bermanfaat bagi kelangsungan dan proses kemajuan hidup masyarakat sendiri, karena proses pendidikan merupakan salah satu cara yang efektif dalam membangun masyarakat sejati.

Full Text:

PDF

References


Anirah, Andi. (2007). Pendidikan Islam Dalam Perspektif Sosio-Kultural. Jurnal Hunafa, 4 (3).

Baharun, Hasan. (2016). Manajemen Kinerja Dalam Meningkatkan Competitive Advantage pada Lembaga Pendidikan Islam. Jurnal at-Tajdid, 5 (2).

Dewi, Ernita. (2012). Transformasi Sosial dan Nilai Agama. Jurnal Substantia, 14 (1).

Eurekaalfiana.blogspot.com/Pendidikan Islam Transformatif

Huda, Miſtahul. (2015). Peran Pendidikan Islam Terhadap Perubahan Sosial. Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 10 (1).

Langgulung, Hasan. 1992. Manusia dan Pendidikan Suatu Analisa Psikologi Dan Pendidikan. Jakarta: Pustaka Al Husna.

Mudzakkir, Ali. 2016. Ilmu Pendidikan Islam. Semarang: PKPI2 Universitas Wahid Hasyim.

Muhaimin. 2003. Arah Baru Pengembangan Pendidikan Islam, Pemberdayaan, Pengembangan Kurikulum, Hingga Redefinisi Islamisasi Pengetahuan. Bandung: Nuansa.

Naim, Abdullah Ahmad. 2003. Pemikiran Islam Kontemporer. Yogyakarta: Jendela.

Sarjono. (2005). Nilai-Nilai Dasar Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam, II (2).

Septiarti, Wisni. (1994). Transformasi Sosial Masyarakat Dalam Perspektif Strukturalisme - Fungsionalisme Suatu Tinjauan Sosiologis. Cakrawala Pendidikan.

Triono Al Fata, Muhammad. (2015). Manifestasi Budaya dalam Pendidikan Membangun Intelektualisme Budaya Dengan Nilai- Nilai Pendidikan Islam. Epistemé, 10 (2).

Uhbiyati, Nur. 1999. Ilmu Pendidikan Islam II. Bandung: CV Pustaka Setia.

Weber, Max. 1985. Konsep-Konsep Dasar dalam Sosiologi. Jakarta: CV Rajawali.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


_____________________________________

FAKULTAS AGAMA ISLAM

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PONOROGO

Jl. Budi Utomo No.10, Ronowijayan, Siman, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur 63471

View My Stats ISIE UMPO 2018

Indexed By:

Supported By: