PEMENUHAN STANDAR PELAYANAN MINIMAL PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR PENERIMA DANA BOS 2014 DI KABUPATEN PONOROGO

Subangun Subangun

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemenuhan standar pelayanan
minimal pendidikan dasar SD penerima dana BOS 2014 di Kabupaten Ponorogo.
Penelitian dilaksanakan di SD negeri di Kabupaten Ponorogo. Pendekatan yang
digunakan dalam penelitian adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan
data dilakukan dengan teknik (1) wawancara, (2) observasi, dan (3)
dokumentasi. Data primer diambil dengan teknik sampling dari SD di Kabupaten
Ponorogo. Data yang terkumpul selanjutnya dianalisis secara deskriptif untuk
mendeskripsikan pemenuhan standar pelayanan minimal pendidikan SD
penerima dana BOS 2014 di Kabupaten Ponorogo. Proses analisis data dimulai
dengan menelaah seluruh data yang sudah tersedia melalui alat pengumpul data,
yaitu kuesioner, wawancara, observasi, dan dokumen resmi. Adapun tahap-tahap
analisis data yaitu (1) reduksi data, (2) display data, dan (3) verifikasi data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 83% SD di Kabupaten Ponorogo
memenuhi kelayakan dalam pengelolaan dana BOS tahun 2014, tetapi
penyediaan sarana dan prasarana baru mencapai 77%. Adapun pemenuhan
standar pelayanan minimal pendidikan yang telah tercapai adalah sebagai
berikut: (1) Penyediaan buku teks SD empat mapel per siswa tercapai 73%; (2)
penyediaan peraga IPA dan bahan berupa model 82%; (3) penyediaan buku
pengayaan dan 10 buku referensi 81%; (4) Jam kerja guru melaksanakan tugas
78%; (5) jumlah jam pembelajaran per minggu 95%; (6) penerapan kurikulum
tingkat satuan pendidikan (KTSP) 96%; (7) penerapan RPP dalam pembelajaran
100%; (8) pengembangan program penilaian 100%; (9) pelaksanaan supervisi
100%; (10) penyampaian laporan hasil evaluasi kepada atasan 87%; (11)
penyampaian laporan hasil evaluasi kepada masyarakat 100%; (12) penerapan
MPBS 100%.


Keywords


SPM, pendidikan dasar, dana BOS

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.