ANALISIS METODE PERMAINAN SOSIAL UNTUK MEMBELAJARKAN MATERI IPS DI SD

Ahmad Syaikhudin

Abstract


Pendidikan merupakan usaha sadar dalam bentuk kepribadian individu melalui
penguasaan ilmu pengetahuan, sikap, dan tingkah laku tertentu. Untuk
mewujudkan mutu dan kualitas pendidikan dan teknologi, perlu disempurnakan
dan ditingkatkan kualitas pengajaran dengan mengembangkan metode dan
strategi tertentu termasuk pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial. Tujuan dengan
permainan ini adalah untuk meningkatkan pola pikir peserta didik dalam
kegiatan belajar mengajar. Metode yang digunakan dalam studi ini adalah
dengan pendekatan kualitatif dengan desain deskriptif analitis. Dalam tulisan ini,
penulis mencoba mendeskripsikan hasil beberapa metode permainan sosial yang
dapat membantu meningkatkan kreatifitas siswa dalam pembelajaran dikelas
sesuai dengan usia mereka. Tulisan ini juga menelaah masing-masing metode
bermain dilihat dari teori bermain klasik dan modern.Dari deskripsi serta analisis
diperoleh kesimpulan bahwa menurut teori bermain kognitif, ketiga metode
permainan ini tergolong dalam Social Play Games With Rules yang sesuai
diterapkan untuk anak usia 8-11 tahun. Hasil analisis untuk pembelajaran Ilmu
pengetahuan sosial SD, permainan yang cocok diterapkan di kelas bawah adalah
permainan monopoli dan ular tangga. Sedangkan untuk kelas atas keseluruhan
dari ketiga permainan ini dapat diaplikasikan dalam pembelajaran IPS. Peran
guru mengelola kelas terutama dalam pembagian kelompok sangat berpengaruh
pada keberhasilan metode ini terutama dalam memperoleh manfaat „bermain‟
sesuai dengan teori bermain yang ada.


Keywords


Metode Permainan Sosial, Teori Bermain Klasik dan Modern, Pembelajaran IPS SD/MI

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.