ANALISIS PERAN GURU PPKn DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PPKN SISWA DI SMPN 1 TULAKAN KABUPATEN PACITAN

Hadi Cahyono

Abstract


Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peran guru PPKn dalam meningkatkan
hasil belajar PPKn siswa di SMPN 1 Tulakan Kabupaten Pacitan. Penelitian ini
merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
terjadi peningkatan hasil belajar siswa terbukti pada ulangan harian pertama
dengan rata-rata 77,08 menjadi 79,14 pada kelas VII dan untuk kelas VIII
dengan rata-rata 66,86 menjadi 71,25. Karena pada awal-awal pembelajaran
guru belum berperan aktif dalam pembelajaran dan perannya lebih kepada
memberi motivasi dan inspirasi pada siswa. Sedangkan untuk kompetensi guru
masih belum memuaskan, masih banyak kekurangan diberbagai peranannya.
Untuk peran guru yang mengajar kelas VII tergolong baik dan untuk peran yang
sudah dimiliki guru adalah peran sebagai pendidik, pengajar, pembimbing,
demonstrator, motivator, inspirator, korektor, informator, organisator, pengelola
kelas dan evaluator. Peran guru yang masih kurang dan perlu di tingkatkan lagi
adalah peranan guru sebagai supervisor, pelatih, mediator dan fasilitator. Untuk
guru yang mengajar kelas VIII peran yang cukup baik adalah peran sebagai
pembimbing, motivator, inspirator, korektor, organisator, dan evaluator.
Sedangkan yang perlu ditingkatkan lagi adalah peran sebagai pendidik, pengajar,
demonstrator, pelatih, informator, pengelola kelas, mediator, fasilitator, dan
supervisor.


Keywords


Peran Guru, Hasil Belajar, Pendidikan Kewarganegaraan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.