PENGEMBANGAN MODEL RESEARCH BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN SCIENTIFIC MELALUI LESSON STUDY DALAM PEMBELAJARAN IPS DI SEKOLAH DASAR TAHUN 2015

Muhamad Chamdani, Kartika Chrsty Suryandari, Imam Suyanto

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan
penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah, SD-SD di
Kabupaten Kebumen. Sumber data penelitian ini adalah siswa, teman sejawat,
guru, dan peneliti. Data yang dikumpulkan meliputi data kualitatif dan data
kuantitatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) menganalisis kondisi awal saat
berlangsung pembelajaran IPS di SD (2) mengembangkan model pembelajaran
yang tepat pada kurikulum pembelajaran IPS SD di Kabupaten Kebumen (3)
Mengidentifikasi pengembangan model Research Based Learning (RBL) dengan
pendekatan scientific melalui lesson study dalam peningkatan pembelajaran IPS
SD di Kabupaten Kebumen. Hasil penelitian model Research Based Learning
dengan pendekatan scientific melalui lesson study dalam pembelajaran IPS di
Sekolah Dasar yang dirancang untuk menghasilkan suatu produk sebagai
pemecahan masalah dalam pembelajaran IPS SD menunjukkan hasil
peningkatan siklus 1 sebesar 64 %, 75 % pada siklus 2 dan 82,25 % pada siklus
3.
Simpulan penelitian implementasi pembelajaran IPS SD melalui langkahlangkah
model Research Based Learning dengan pendekatan scientific yang
dilakukan secara siklus beberapa putaran pembelajaran yang terdiri dari
perencanaan, pelaksanaan observasi dan refleksi serta langkah-langkah RBL
dapat dilaksanakan.


Keywords


Research Based Learning, scientific approach, lesson study

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.