GAYA BAHASA METAFORA POLITIK DALAM MEDIA MASSA DAN EFEK PERSUASIFNYA PADA PEMBACA

Yuli Widiana, Rr. Arielia Yustisiana

Abstract


Penelitian ini bertujuan menggambarkan jenis-jenis metafora politik dan makna
metaforisnya. Lebih jauh, efek persuasive metafora politikdalam media massa
pterhadap pembaca juga dianalisis berdasarkan parameter tertentu. Metode
padan pragmatik dan metode padan referensial diterapkan untuk menganalisis
data. Jenis-jenis metafora politik meliputi metafora dengan perumpamaan alam.
Metafora dengan perumpamaan tumbuhan, metafora dengan istilah khusus,
metafora dengan perumpamaan benda, metafora dengan kata kerja, dan metafora
dengan kata sifat. Pembaca memahami metafora politik dengan baik meskipun
ketertarikan mereka pada berita politik rendah. Pada kenyataannya, efek
persuasif metafora politik terhadap masyarakat untuk mengambil tindakan
dalam rangka memperbaiki atmosfir politik tinggi.


Keywords


metafora politik, media massa, efek persuasif

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.