KEBIJAKAN SEKTOR PENDIDIKAN YANG MEMBERADABKAN DAN BERKUALITAS

Arief Budiono

Abstract


Permasalahan didunia pendidikan yang terjadi di Indonesia sekarang ini
menimbulkan ekses yang demikian negatif. Oknum oknum yang telah mengolah
dan mengambil kebijakan didunia pendidikan mengatur sedemikian rupa sesuai
dengan kepentingan manusia itu sendiri. Pengambilan kebijakan bidang
pendidikan menimbulkan tarik-ulur berbagai kepentingan untuk terus eksis,
sehingga kebijakan yang diambil menjadi tidak jelas dan tidak mampu
mengatasi masalah yang terjadi namun malah menimbulkan ekses yang negatif.
Pendidikan di indonesia acapkali digunakan sebagai alat untuk melegalisasi
kepentingan tertentu. Munculnya berbagai kebijakan negara dalam dunia
pendidikan yang melenceng dari hakekat yang seharusnya untuk membentuk
manusia Indonesia yang terdidik, religious dan terampil sesuai dengan cita cita
nasional menjadi tidak tercapai.
Maraknya kondisi dimana seseorang bekerja dan berusaha dibidang yang tidak
sesuai dengan basic pendidikan yang ia tempuh menjadi indicator yang cukup
jelas bahwa sebahagian besar materi pendidikan tidak acceptable atau tidak
sinkron dengan kebutuhan dan keahlian yang diperlukan. Dalam dunia
pendidikan sendiri sangat diutamakan nilai-nilai pelajaran an sich namun minim
pendidikan skill maupun kegiatan survival sehingga cukup sering didapati
lulusan lulusan yang bernilai cumlaude namun menjadi beban kemanusiaan
dengan status sebagai pengangguran yang hanya bervisi mendapatkan kerja.
Proses pendidikan selama ini juga kerap menomorduakan pendidikan moral
maupun keagamaan yang menghasilkan manusia manusia yang kreatif dalam
merugikan bangsa dan Negara sehingga indeks korupsi di Indonesia sangat
tinggi dan menempati rangking ke 130 dari 177 negara atau peringkat ke 30 ,
negara terkorup dan menduduki posisi terkorup di asia tenggara, tentu ini
merupakan hal yang sangat memprihatinkan. Diperlukan kebijakan yang
komprehensif dalam membenahi dunia pendidikan agar cita cita nasional dapat
tercapai.
Kebijakan didunia pendidikandiperlukan sebagai tahapan penting mencapai
tujuan nasional yaitu manusia Indonesia yang terdidik, terampil dan religious
yang sejahtera di Indonesia dapat dikaji secara objektif, rasional dan empiris.
Sehingga dari uraian tersebut di atas dapat diambil kesimpulan bahwa
permasalahan yang terjadi di Indonesia sebagian adalah merupakan akibat dan
ekses dari kebijakan yang kurang tepat terhadap dunia pendidikan sehingga
untuk menyelesaikannya adalah diperlukan komitmen dan kebijakan untuk
membenahinya. Dengan kebijakan yang komprehensif maka pendidikandapat
kembali ke jalan yang seharusnya ke jalan yang seharusnya yaitu membentuk
masyarakat Indonesia yang terdidik, religious dan terampil serta sejahtera


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.