MENGEMBANGKAN MEANINGFUL TEACHING PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI PERGURUAN TINGGI MELALUI QUANTUM TEACHING

Nurul Iman

Abstract


Pendidikan agama Islam mengemban perang penting dalam membangun pola
berpikir dan berbuat bagi seseorang sehingga lahir pemikiran, perilaku, dan
karya yang bermanfaat bagi kehidupan. Dalam pembelajaran pendidikan agama
Islam terdapat tantangan nyata berupa “kejenuhan” proses belajar mengajar,
berupa materi agama yang berulang-ulang, tema-tema kajian yang abstrak, serta
suasana pembelajaran yang lebih sering bersifat doktrinal dan satu arah. Pada
pendidikan agama di perguruan tinggi, --dimana para peserta didiknya dalah
mahasiswa yang telah beranjak dewasa-- kenyataan tersebut dapat menjadi-jadi
jika para pendidik dan pengampu materi agama ini tidak dapat menyajikannya
dengan lebih baik, melalui metode dan media pembelajaran yang sesuai dengan
karakter setiap tema-tema kajian Agama Islam, serta selaras dengan keadaan
psikologis para peserta didik di tingkat ini. Melalui Quantum Teaching, dalam
kajian ini penulis ingin menawarkan solusi bagi upaya membangun
pembelajaran yang bermakna khususnya bagi mahasiswa sehingga minat dan
hasil belajar pendidikan agama Islam dapat ditingkatkan.


Keywords


Pendidikan Agama Islam; meaningful teaching; perguruan tinggi

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.