PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MEMOTIVASI KERJA GURU GUNA MEWUJUDKAN KUALITAS PEMBELAJARAN DI MTs BAHRUL ULUM GENUKWATU NGORO JOMBANG

Moh. Khozin

Abstract


Secara umum, ditemukan, karena masih banyaknya kasus-kasus kepemimpinan
di lembaga pendidikan(baca:sekolah) yang kurang menerapkan prinsip-prinsip
dasar manajemen kepemimpinan secara tepat dan profesional. Di samping itu,
peran kepala sekolah masih terbilang belum begitu maksimal dalam memberikan
motivasi kepada guru, di sebabkan adanya tugas-tugas kepala sekolah.
Dipilihnya MTs Genukwatu sebagai obyek penelitian karena peranan kepala
sekolah dalam memotivasi guru dalam mewujudkan kualitas pembelajaran di
Madrasah tersebut terdapat berbagai fenomena dan pembenahan manajerial di
dalamnya. Selain itu, secara kelembagaan MTs Bahrul ulum tersebut merupakan
sekolah swasta yang letaknya di pinggiran kota Kabupaten. Dengan letak
sekolah dan status lembaga swasta yang demikian, persoalan kesejahteraan guru
sering dijadikan alasan serta berpengaruh terhadap tinggi rendahnya motivasi
guru dalam meningkatkan kinerja dalam proses pembelajaran, di banding
dengan sekolah yang notabennya negeri.
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan bagaimana peranan
kepemimpinan kepala sekolah dalam memotivasi kerja guru guna mewujudkan
kualitas pembelajaran dan untuk mendiskripsikan bagaimana cara/metode kepala
sekolah di dalam memotivasi kerja guru guna mewujudkan kualitas
pembelajaran di MTs Bahrul Ulum Genuk watu Ngoro Jombang.
Metode penelitian yang di gunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif, yaitu
mendeskripsikan secara komprehensif, holistik, integratif yang mendalam
tentang suatu gejala, peristiwa atau kejadian yang terjadi tentang bagaimana
peran kepala sekolah dalam memotivasi kerja guru di MTs Bahrul Ulum Genuk
watu Ngoro Jombang.


Keywords


Kepemimpinan, Motivasi dan Kualitas Pembelajaran

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.