MODEL PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK (SCIENTIFIC APPROACH) PADA KURIKULUM 2013 TINGKAT SEKOLAH DASAR (SD) BERBASIS PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA

M. Thoha B.S Jaya, Riswandi Riswandi, Suparman Arif

Abstract


Tujuan umum penelitian ini adalah untuk mengembangkan model pembelajaran
dengan pendekatan saintifik sesuai dengan kurikulum 2013 pada tingkat Sekolah
Dasar (SD) berbasis pembentukan karakter siswa. Sedangkan tujuan khusus
penelitian ini adalah untuk: (1) menyiapkan perangkat untuk model
pembelajaran dengan pendekatan saintifik berbasis pembentukan karakter siswa,
(2) mengimplementasikan model pembelajaran dengan pendekatan saintifik
berbasis pembentukan karakter siswa, dan (3) mengukur tingkat efektivitas dan
efisiensi implementasi model pembelajaran dengan pendekatan saintifik berbasis
pembentukan karakter siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian
pengembangan (Research and Development) yang dikembangkan oleh Borg dan
Gall yang dilaksanakan dalam dua tahun kegiatan.Tahun pertama:tahap
pengembangan model, merancang model awal, validasi ahli, perbaikan/merevisi
rancangan model, dan menghasilkan produk model pembelajaran dengan
pendekatan saintifik berbasis pembentuk karakter siswa. Tahun
kedua:melakukan ujicoba pendahuluan, perbaikan rancangan model utama, uji
coba model dalam lingkup lebih luas, perbaikan model untuk produk akhir, uji
coba operasional, perbaikan model untuk produk akhir penelitian, dan
diseminasi serta publikasi. Hasil yang diharapkan dari penelitian ini adalah:(1)
menemukan dan mendesain model pembelajaran dengan pendekatan saintifik
sesuai dengan kurikulum 2013 berbasis pembentukan karakter siswa, (2)
menyusun panduan pelaksanaan model pembelajaran dengan pendekatan
saintifik berbasis pembentukan karakter siswa, (3) membangun kesepakatan
dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Pesawaran untuk mengimplementasikan
produk model pembelajaran dengan pendekatan saintifik berbasis pembentukan
karakter siswa. Penelitian tahun pertama,telah menghasilkan model
pembelajaran dengan pendekatan saintifik yang terdiri dari tiga tahap, yakni
tahap persipan mencakup menganalisis KD, menerangkan indikator, dan
menyusun tujuan pembelajaran. Selain itu mempersiapkan sumber belajar, serta
menyusun instrumen pembelajaran. tahap proses pembelajaran, melanjutkan
hasil/produk tahap sebelumnya dengan menentukan model pembelajaran
(menyesuaikan dengan sintaks) danmelaksanakan langkah-langkah saintifik
(mengamati, menanya, menelaah, mencoba, dan mengkomunikasi. Tahap hasil
belajar, akan mengokohkan pengetahuan dan keterampilan yang berkembang
pada siswa. Pembentukan karakter siswa dilaksanakan pada saat proses
pembelajaran dimulai dari siswa perlu mengetahui, membiasakan, meyakini,
melakukan berulangkali (mengetahui, membiasakan, dan meyakini), hingga
mempertahankan.


Keywords


model pembelajaran, pendekatan saintifik, pembentukan karakter siswa

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.