IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BEYOND CENTER AND CIRCLE TIME (BCCT) DI TK AISYIAH DAGANGAN MADIUN

Muhibuddin Fadhli

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran
dengan pendekatan BCCT di TK Aisyiah Dagangan Madiun. Kerangka
pemikiran penelitian ini adalah pembelajaran BCCT pada satuan Pendidikan
Anak Usia Dini di Indonesia, pendekatan ini dipandang efektif untuk
meningkatkan pengembangan perilaku dan kemampuan dasar anak. Metode
penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hal ini untuk
memaparkan kegiatan pembelajaran di TK Aisyiyah. Kajian dipusatkan pada
model pembelajaran BCCT (beyond center and circle learning) yang diterapkan
di TK (baik didalam maupun diluar kelas). Responden yang dipilih adalah murid
di TK Aisyiyah yang mengalami dan melakukan langsung semua aktivitas, serta
guru yang mengajar. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa TK ABA
Aisyiyah Dagangan Madiun Kekuatan TK ABA Aisyiyah Dagangan adalah
mampu memanfaatkan alat-alat permainan edukatif dari barang bekas serta
semangat dan kreatifitas pendidik dalam melaksanakan pembelajaran.


Keywords


TK ABA, BCCT, Implementasi

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.