RAGAM DAN INOVASI PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DI INDONESIA (Kajian terhadap Model-Model Pendidikan Anak Usia Dini)

M. Fadlillah

Abstract


Beberapa tahun terakhir pendidikan anak usia dini di Indonesia sudah
mengalami perkembangan yang cukup signifikan. Banyak model pendidikan
anak usia dini yang dapat menjadi pilihan masyarakat untuk pendidikan buah
hatinya. Mulai dari Daycare Center (TPA), Play Group sampai Taman Kanakkanak
(TK/RA). Model-model pendidikan anak usia dini tersebut menawarkan
beberapa program unggulan, baik yang sifatnya halfday maupun fullday.
Halfday merupakan pendidikan yang berlangsung setengah hari, sedangkan
fullday ialah pendidikan yang berlangsung satu hari penuh. Tujuan dari
penulisan ini ialah untuk menggambarkan model-model pendidikan anak usia
dini beserta Inovasinya di Indonesia yang dilengkapi dengan analisis keunggulan
dan kelemahan masing-masing model yang ada. Harapannya hal ini dapat
dijadikan sebagai refrensi orang tua dalam memilih dan menentukan pendidikan
tepat dan terbaik untuk buah hatinya yang sesuai dengan minat, bakat, dan
kemampuan masing-masing. Dengan demikian, semakin banyaknya ragam dan
inovasi pendidikan anak usia dini akan dapat memfasilitasi tumbuh kembang
anak dengan optimal, sehingga kedepannya mampu mewujudkan Indonesia yang
berkemajuan.


Keywords


model, inovasi, dan pendidikan anak usia dini

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.