MANAJEMEN DAN PENGELOLAAN PESERTA DIDIK (Studi Pada SD di Kota Makassar)

Syamsu A. Kamaruddin, Harifuddin Halim, Fauziah Zainuddin

Abstract


Tulisan ini bertujuan untuk mengungkapkan strategi pengelolaan peserta didik
sejak dilakukan penerimaan siswa hingga menyelesaikan pendidikannya. Hal
yang mendasarinya adalah adanya kebutuhan peserta didik yang variatif dalam
mengembangkan dirinya dalam hal prioritas, seperti di satu sisi para peserta didik
ingin sukses dalam hal prestasi akademiknya, disisi lain ia juga ingin sukses
dalam hal penyaluran bakatnya seperti seni dan olahraga. Bahkan ada juga
peserta didik yang ingin sukses dalam segala hal. Pilihan-pilihan yang tepat atas
keberagaman keinginan tersebut tidak jarang menimbulkan masalah bagi para
peserta didik. Oleh karena itu diperlukan layanan bagi peserta didik yang dikelola
dengan baik.
Untuk mewujudkan hal tersebut, dilakukan penelitian sederhana pada tingkat
sekolah dasar di Kota Makassar. Data dikumpulkan dengan menggunakan
kuesioner pada kepala sekolah SD yang telah mengikuti pelatihan ‘Manajemen
dan Pengelolaan Peserta Didik’ Tahun 2013 sebanyak 19 orang. Berdasarkan data
hasil penelitian, disimpulkan hal-hal sebagai berikut: (1) Pengelolaan peserta
didik harus berbasis pada kebutuhan mereka. (2) pengelolaan peserta didik
memiliki langkah-langkah penting yaitu: perencanaan terhadap peserta didik;
pembinaan peserta didik, evaluasi peserta didik, dan mutasi peserta didik. (3)
Perlu sinkronisasi antara output kebutuhan peserta didik dengan kapasitas
sumberdaya jurusan atau prodi setempat. Oleh karena itu, rekomendasi yang bisa
diajukan antara lain: (1) prodi/jurusan perlu melakukan pemetaan dan analisis
terhadap berbagai sumberdaya yang dimilikinya, (2) berdasarkan dukungan
ketersediaan analisis tersebut, dilakukan analisis kebutuhan peserta didik.


Keywords


manajemen, pengelolaan, peserta didik, sekolah dasar, sumberdaya

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.