EFEKTIVITAS PENGGUNAAN E-LEARNING DALAM PEMBELAJARAN SCIENTIFIC

Ridam Dwi Laksono

Abstract


Kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kenyamanan penggunaan elearning
dalam pelaksanaan pembelajaran saintifik. Banyak usaha telah
dilakukan agar pembelajaran berjalan dengan baik. Dengan menggunakan acuan
pembelajaran saintifik yang telah dilaksanakan pada beberapa sekolah pionir K-
13 di susunlah instrumen dan pembelajaran sejenis dengan bantuan media elearning.
Dengan metode eksperimen di buatkan dua kelompok eksperimen.
Kelompok pertama terdiri atas kelas – kelas yang diampu oleh guru yang
mengajar dengan metode saintifik tanpa bantuan e-learning. Kelompok ke dua
adalah kelas – kelas yang di ajar dengan perangkat bantuan e-learning. Dengan
mengukur tingkat efektifitaspembelajaranoleh guru dan siswa. Penerapan elearning
pada strategi pembelajaran saintifik tidak lepas dari strategi belajar
Problem Base Learning, strastegi belajar Kontekstual dan strategi belajar inkuiri.
Teknik penilaian yang dilakukan terhadap kedua kelompok sesuai dengan acuan
penilaian saintifik. Pada kelompok yang tidak menggunakan e-learning,
penilaian dilakukan sesuai dengan acuan penilaian saintifik. Diperoleh hasil jika
kenyamanan pengguna e-learning baik guru ataupun siswa mencapai 74%.
Khususnya pada siswa, sebab mereka hanya berperan dalam menikmati
tayangan, quiz, dan unsur penggunaan multimedia. Sedangkan pada sisi guru
mereka harus meramu, menata dan mendokumentasikan. Teknik penilaian
menggnkan e-learning sangat membantu. Seluruh dokumen pengukuran
terdokumen dengan baik, sehingga dalam penarikan kesimpulan nilai akhir
sangat terbantukan.


Keywords


e-learning, Efektivitas Pembelajaran

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.