GRAPHIC RECORDER INDIS SEBAGAI INOVASI MEDIA PEMBELAJARAN IPS BERBASIS WAWASAN KEBANGSAAN

Novi Triana Habsari, Khoirul Huda

Abstract


Pembelajaran merupakan upaya pendidik mentransformasikan ilmu secara
interaktif ke siswa dalam pengembangan kompetensi pengetahuan. Keberhasilan
prosesnya tergantung sejauhmana efektifitas capaian pengajaran. Banyak proses
pembelajaran saat ini kurang efektif dan mengakibatkan adanya kesan negatif
dari siswa baik pengajaran maupun materi yang diajarkan. Minimnya guru
dalam mendesaign model atau media yang menarik menjadi faktornya. Terutama
pembelajaran IPS yang kadang siswa mengeluh karena membosankan. Di era
globalisasi dibutuhkan pula skema mengajar untuk membangun identitas
kebangsaan. Ini menjadi peluang guru IPS untuk merancang media yang sesuai.
Salah satu yang ditawarkan adalah Graphic Recorder Indis. Graphic recorder
Indis adalah media kompilasi video tentang kebudayaan Indis. Indis merupakan
peninggalan budaya yang mempunyai ciri khas Eropa. Konsep media terletak
pada visualisasi kebudayaan berciri gaya Indis baik bersifat tangible maupun
itangible dan secara toponimi dapat ditemukan dilingkungan sekitar. Kekuatan
media pembelajaran ini adalah dapat menstimulasi siswa melalui videonya agar
lebih mencintai IPS dan menambah wawasan kebangsaan serta secara content
untuk menginformasikan kekayaan budaya bangsa bersifat kearifan lokal.
Tujuannya tak lain untuk konservasi dini peninggalan Indis sebagai bagian
terbentuknya sejarah bangsa dan menjadi alternatif guru dalam mendesign media
inovatif, kreatif, dan bermakna.


Keywords


Graphic Recorder, Indis, Media, Inovasi

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.