IMPLEMENTASI KOMPETENSI SYARIAH PADA PEMBELAJARAN IPA DI SEKOLAH DASAR

Anatri Desstya

Abstract


Berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia
1945, Pendidikan Nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan
membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka
mencerdaskan kehidupan bangsa. Untuk mengemban fungsi ini, pemerintah
telah memberlakukan kurikulum 2013, dengan salah satu karakteristiknya
adalah mengembangkan keseimbangan antara pengembangan sikap spiritual
dan sosial, rasa ingin tahu, kreativitas, kerja sama dengan kemampuan
intelektual dan psikomotorik.
IPA yang hakikatnya sebagai produk, proses, dan sikap, dan dimasukkan
dalam struktur kurikulum 2013 sebagai muatan pelajaran di SD, hendaknya
diberikan dengan memperhatikan karakter siswa SD serta menekankan pada
pengembangan sikap spiritual yang berkelanjutan, sehingga akan terbentuklah
generasi syar’i yang sesuai dengan nilai-nilai ke-Islaman.
Makalah ini bertujuan untuk mengkaji tentang urgensi implementasi
kompetensi syariah pada pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Penulisan
artikel kajian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif berdasarkan pada
hasil pengamatan, pengalaman, dan kajian kepustakaan.
Kesimpulan dari makalah kajian ini: Berbagai metode dan cara untuk
membelajarkan IPA di SD dapat diarahkan ke nilai-nilai Islami.


Keywords


Kompetensi syariah, IPA, Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.