EKSPLORASI MINDFUL TEACHING SEBAGAI STRATEGI INOVATIF DALAM PEMBELAJARAN BAGI GURU PAUD

Ega Asnatasia Maharani

Abstract


Guru memiliki peranan yang sangat kritis dalam membentuk iklim pembelajaran
dan mendukung keberhasilan belajar peserta didik. Berbagai metode dan strategi
telah dikembangkan untuk membantu guru menerapkan pembelajaran kelas yang
efektif, akan tetapi pada praktiknya guru masih kesulitan mengimplementasikan
konsep-konsep pembelajaran inovatif sehingga masih terikat pada pola-pola
konservatif. Pendekatan berbasis mindfulness diharapkan dapat menjadi
alternatif solusi bagi permasalahan ini karena praktik mindfulness sangat
berfokus pada penggunaan sumberdaya internal individu. Mindfulness
merupakan pendekatan psikologis yang telah banyak dikembangkan dalam
berbagai setting klinis dan non-klinis untuk membantu individu mengatasi stres,
kecemasan, meningkatkan harga diri, produktivitas kerja, hingga penyembuhan
penyakit-penyakit kronis. Dewasa ini mindfulness juga dapat dikembangkan ke
ranah pendidikan salah satunya melalui strategi mindful teaching. Melalui 5
komponen utamanya yaitu (1) mendengarkan dengan penuh perhatian, (2)
penerimaan tanpa penilaian terhadap diri sendiri dan anak, (3) kesadaran akan
kondisi emosi diri dan anak, (4) regulasi diri dalam hubungan guru-siswa, dan
(5) kasih sayang terhadap diri sendiri dan anak, guru dapat lebih meningkatkan
kualitas hubungan dengan siswa dan menggunakan strategi pembelajaran dengan
lebih efektif. Penggunaan mindful teaching juga dapat bermanfaat bagi
kesejahteraan psikologis guru yang rentan mengalami stres karena beban kerja
yang tergolong tinggi.


Keywords


mindfulness, mindful teaching, strategi inovatif, pembelajaran AUD

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.