ANALISA HASIL PENGAJARAN YANG BERBASIS CERITA, MINIATUR ALAT DAN MOTIFASI DI PROGRAM STUDI TEKNIK MESIN FAKULTAS TEKNIK

Wawan Trisnadi Putra, Munaji Munaji, Indah Novitasar

Abstract


Sistem Pengajaran yang dilakukan dengan metode klasikal yang banyak
ditemukan di perkuliahan teknik mesin membuat banyak mahasiswa yang tidak
dapat menyerap materi yang disampaikan dengan maksimal sehingga setelah
mengikuti perkuliahan dalam waktu tertentu materi yang diajarkan telah
dilupakan tampa dipahami dan diresapi manfaat dan kegunaannya pada saat
bekerja dilapangan, Metode cerita dan alat miniatur mesin dalam konsep
teknologi akan membuat setiap mahasiswa berpikir jauh sehingga akan terasa
manfaat dari materi yang disampaikan, dari hasil pengamatan dan penelitian
ditemukan jumlah minat belajar dari mahasiswa teknik mesin meningkat dengan
berkurangnya suara ramai dikelas dan Jumlah mahasiswa dari setiap kelas stabil
serta pemahaman pada saat ujian skripsi tentang dasar –dasar teknik mesin bisa
dibuktikan, Rata –rata per kelas untuk tahun akademik 2012 sampai 2015
mencapai 30 mahasiswa yang terdiri dari 2 kelas hal ini didominasi oleh kaum
laki-laki sehingga kepekaan dan motifasi sangat kuliah bergantung terhadap
kebersamaan mereka. Hal ini dialami oleh setiap angkatan dengan peningkatan
jumlah lulusan diatas 30 mahasiswa per tahun


Keywords


Jenis miniatur, Perkuliahan, metode cerita, jumlah kelulusan.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.