ANALISIS KEBIJAKAN PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN DI SKB PACITAN

Maryono Maryono

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan kebijakan
pendidikan kewirausahaan dan faktor penghambatnya di SKB Pacitan. Penelitian
ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subyek
penelitian dipilih secara purposive, terdiri dari pengelola, tutor, dan warga
belajar setara Paket C. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara
mendalam, dan kajian dokumen. Pengujian keabsahan data melalui teknik
triangulasi sumber dan member check. Teknik analisis data meliputi tahap
mereduksi, menyajikan data dan membuat kesimpulan. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa: (1) Implementasi kebijakan pendidikan kewirausahaan di
SKB Pacitan dilaksanakan mengacu kebijakan pemerintah pusat (UU, PP,
Permendiknas RI), menggunakan kurikulum 2006, melaksanakan program SKB
berbasis peminatan atau potensi peserta didik dan potensi lokal Pacitan meliputi
3 tahap Tahap persiapan: observasi, analisis dokumen dan pendataan warga
belajar, penentuan jenis progam dan jadwal pembelajaran; tahap pelaksanaan:
dilaksanakan secara terpadu yaitu teori dan praktik, waktu pelaksanaan adalah
sehari tiap minggu, jumlah peserta didik sesuai peminatan, yaitu pendidikan
komputer, menjahit, sablon digital, dan gemstone, materi pembelajaran dengan
modul, ketersediaan fasilitas di SKB cukup baik, metode pembelajaran meliputi
ceramah dan praktek, tahap evaluasi dengan ujian tertulis dan uji kompetensi
pada lembaga mitra yang ditunjuk; (2) faktor penghambat adalah: keterbatasan
pendanaan untuk biaya penyelenggaraan, tidak adanya permodalan untuk
pengembangan warga belajar dan lulusan, kurangnya pelatihan dan perhatian
dari pihak Pemda dan eksternal.


Keywords


Implementasi, kebijakan pendidikan, kewirausahaan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.