HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN PEMENUHAN KEBUTUHAN SPIRITUAL LANSIA

Yesi Febriana, Sulistyo Andarmoyo, Sri Susanti

Abstract


Pemenuhan kebutuhan spiritual lansia merupakan hal yang sangat penting bagi lansia, melihat dari masalah yang dihadapi lansia mulai masalah fisik, mental dan psikososial, sehingga kemampuan lansia untuk melakukan kegiatan spiritual membutuhkan dukungan keluarga. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisa hubungan dukungan keluarga dengan pemenuhan kebutuhan spiritual lansia di dusun asem kandang desa prajegan kabupaten ponorogo. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan kuesioner kepada lansia yang bertempat tinggal dengan keluarga, dengan sampel 59 responden dengan teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan 59 responden berusia 55-60 tahun, sebagian besar lansia mendapatkan dukungan keluarga baik (66,1%) atau 39 responden dengan pemenuhan kebutuhan spiritual baik (74,6%) atau 44 responden. Hasil penelitian dengan uji Chi-Square menunjukkan p value (0,000) <α (0,05), maka terdapat hubungan dukungan keluarga dengan pemenuhan kebutuhan spiritual lansia. Kesimpulan penelitian ini adalah ada hubungan antara dukungan keluarga dengan pemenuhan kebutuhan spiritual lansia, semakin baik dukungan keluarga yang diberikan maka pemenuhan kebutuhan spiritual lansia semakin baik. Sehingga diharapkan bagi keluarga untuk memberikan dukungan terkait dengan dukungan informasi.

Full Text:

PDF

References


. Destarina, V dkk. 2014. Gambaran Spiritualitas Lansia Di Panti Sosial Tresna Werdha Khusnul Khotimah Pekanbaru. 1(2).

. Efendi, F., Makhfudli. 2009. Keperawatan Kesehatan Komunitas Teori dan Praktik dalam Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika

. Friedman, Marilyn M. (2010). Buku Ajar Keperawatan Keluarga : Riset, Teori dan Praktek. Jakarta: EGC.

. Handayani, D. & Wahyuni. 2012. Hubungan Dukungan Keluarga Dengan Kepatuhan Lansia Dalam Mengikuti Posyandu Lansia Di Posyandu Lansia Jetis Desa Krajan Kecamatan Weru Kabupaten Sukoharjo. 9 (1).

. Hamid, A.Y. S. (2000). Buku Ajar: Aspek Spiritual Dalam Keperawatan. Jakarta: Widya Medika.

. Puchalski, C.M,, Dorff, R.E., Hendy, I.Y., 2004, Spirituality, Religion, and Healing in Paliative Care, Clinics in Geriatric Medicine, 20 (4), 689-714.

. Sarafino, Edward. (2011). Health Psychology biopsychosocialinteractions edition 7. America. Cataloging-in-Publication data

. Yuzefo, M. Afnesta dkk..2015. Hubungan Status Spiritual Dengan Kualitas Hidup Pada Lansia. 2 (2).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.