EFEKTIVITAS KOMPRES JAHE TERHADAP PERUBAHAN SKALA NYERI SENDI ASAM URAT (Gout) PADA LANSIA DI UPT PANTI SOSIAL TRESNA WERDHA KABUPATEN MAGETAN

Yulanda Amang Sundari, Nurul Sri Wahyuni, Saiful Nurhidayat

Abstract


Nyeri sendi merupakan penyakit yang sering dialami oleh lansia. Asam urat (gout) merupakan suatu penyakit peradangan pada persendian yang dapat diakibatkan oleh kelebihan kadar senyawa asam urat di dalam tubuh, baik karena produksi berlebih atau peningkatan asupan purin. Salah satu terapi non farmakologi yang bisa dilakukan untuk meredakan nyeri adalah dengan kompres hangat tumbukkan jahe. Tujuan penelitian ini untuk Mengidentifikasi Efektivitas Kompres Jahe Terhadap Perubahan Skala Nyeri Sendi Asam Urat (Gout) Pada Lansia di UPT Panti Sosial Tresna Werdha Kabupaten Magetan.
Metode penelitian ini menggunakan quasy eksperimental dengan desain one group pretest-posttest dengan jumlah sampel 21 responden dengan teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Hasil penelitian menunjukan bahwa dari 21 responden didapatkan adanya penurunan rata-rata skala nyeri responden sebelum diberikan kompres hangat dengan tumbukan jahe sebesar 6,14 (nyeri sedang), namun setelah diberikan kompres hangat dengan tumbukan jahe rata-rata skala nyeri responden sebesar 3,29 (nyeri ringan). Hasil penelitian dengan uji Paired t test menunjukkan nilai signifikansi p value sebesar 0,000 karena (p < 0,05) disimpulkan Ho ditolak. Dengan demikian dapat dinyatakan ada pengaruh kompres hangat tumbukkan jahe terhadap perubahan skala nyeri sendi asam urat (gout) pada lansia di UPT Panti Sosial Tresna Werdha Kabupaten. Kompres jahe diharapkan dapat menjadi salah satu terapi non farmakologi yang dapat digunakan untuk meringankan nyeri sendi yang dialami lansia. Sehingga dapat meminimalkan terjadinya nyeri sendi dan meningkatkan kualitas hidupnya. Kepada perawat maupun tenaga kesehatan lainnya sangat penting untuk memberikan informasi dan edukasi tentang pemberian kompres jahe pada lansia penderita nyeri sendi asam urat (gout)


Full Text:

PDF

References


. Adi, P. 2017. Efektivitas Kompres Hangat Untuk Mengurangi Nyeri Atritis Rheumatoid Di Desa Singgahan Kecamatan Pulung, Ponorogo. Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

. Handayani, T. 2013. Apotik Hidup. Edisi 1. Lampung: Padi

. Kusuma, H, & Nurarif AH. 2015. Aplikasi Asuhan Keperawatan Berdasarkan Diagnose Medis & NANDA NIC-NOC. Edisi 3. Yogjakarta: Mediaction.

. Nofiani, S, & Nurhamidah. 2015. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kejadian Asam Urat Pada Pasien Rawat Jalan Di Rumah Sakit Stroke Nasional Bukit Tinggi. STIKES Perintis Padang.

. Notoatmodjo, S. 2010. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

. Noviyanti, D, & Sriwiyati. (2018). Efektivitas Kompres Jahe Terhadap Penurunan). Skala Nyeri Sendi Penderita Asam Urat Di Desa Tempurejo Dan Jurug Jumapolo Karanganyar. JIK, 6 (1).

. Nursalam. 2013. Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.

. Ratnawati, E. 2016. Asuhan Keperawatan Gerontik. Edisi 1. Yogyakarta: Pustaka Baru.

. Relawati & Hasim. 2017. The Difference Effectiveness Of Red Ginger Compress And Warm Compress To Decrease The Scale Of Joint Pain In The Elderly.

. Santosa Eka. 2016. Pengaruh Terapi Kompres Hangat Dengan Jahe Terhadap Perubahan Intensitas Nyeri Pada Lansia Yang Menderita Arthritis Rheumatoid Di Panti Sosial Tresna Werdha Puspakarma Mataram. 2 (1).

. Sudibjo, dkk. 2013. Tingkat pemahaman dan survei level aktivitas fisik, status kecukupan energy dan status antropometrik mahasiswa program studi pendidikan kepelatihan olahraga FIK UNY. 11 (2).

. Sugiyono. 2011. Metodologi penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeth.

. Syamsiah, N & Sari. 2017. Berdamai Dengan Asam Urat. Edisi 1. Jakarta: Bumi Medika.

. Syapitri Henny. 2018. Kompres Jahe Berkhasiat Dalam Menurunkan Intensitas Nyeri Pada Penderita Rheumathoid Arthritis. Jurnal Mutiara Ners, 1 (1).

. Syukur, C & Hermani. 2001. Edisi 1. Budi Daya Tanaman Obat Komersial. Bogor: Penebar Swadaya

. Widyanto. 2014. Arthritis Gout Dan Perekmbangannya. 10 (2)

. Wijayanto, A. 2017. Pengaruh Kompres Hangat Dengan Jahe Terhadap Penurunan Skala Nyeri Osteoarthritis. Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

. Zuriati. 2017. Efektivitas Kompres Hangat Dan Kompres Jahe Terhadap Penurunan Nyeri Pada Pasien Asam Urat Di Puskesmas Lubuk Begalung. STIKES Alifah Padang.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.